PBI UMBY, Tekankan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Untuk Masa Depan

Selasa (19/11),  Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY)  diundang dalam sebuah Seminar Bahasa Inggris dalam rangka Menghadapi Ujian Nasional (UN) tahun 2020 di SMA Muhammadiyah Mlati, Sleman.


Seminar yang bertajuk “Get Your Future Success with English” itu berlangsung selama satu hari dengan pembicara Elysa Hartati, S.Pd., M.Pd. Ketua program studi Bahasa Inggris UMBY dan  beberapa fasilitator dari mahasiswa PBI UMBY diantaranya Nadya Septiani Rahman, Hasan Sidik, dan Aprilia M. Tutupoho.


Dalam seminar ini, tidak hanya dilakukan pembahasan materi tetapi juga siswa SMA Muhammadiyah Mlati yang berjumlah 40 siswa beserta guru-guru juga  praktik langsung dengan mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan.


Beberapa keterampilan berbahasa Inggris seperti listening, speaking, dan reading diberikan untuk memberikan kesiapan kepada mereka saat mengerjakan UN nanti. “Tidak hanya untuk UN saja, kami juga mencoba menggali minat siswa terhadap bahasa Inggris. Dengan keinginan yang besar untuk belajar bahasa Inggris, materi yang disampaikan juga akan mudah dipahami karena mereka memiliki target masing-masing untuk mempelajarinya,” ungkap Elysa.


Dalam kesempatan kali ini, para fasilitator juga menggunakan beberapa teknologi untuk membuat siswa tertarik belajar bahasa Inggris seperti Menti, Kahoot, Orai, Duolingo yang harapannya siswa juga bisa nantinya mempelajari bahasa Inggris secara mandiri melalui aplikasi-aplikasi yang bisa diinstal melalui gawai mereka masing-masing. Pun guru bisa menggunakan media berbasis teknologi ini untuk pembelajaran di dalam kelas agar tercipta suasana belajar yang lebih menyenangkan. Siswa melihat bahasa Inggris bukan sebagai momok lagi tetapi sebuah kebutuhan yang asik untuk dipelajari