Prodi Peternakan UMBY Ajak Kaum Mellinial Kembangkan Industri Peternakan

Sabtu (16/11), Program studi Peternakan Fakultas Agroindustri universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) dalam rangka menyemarakan dies natalisnya yang ke-33 mengadakan kuliah umum bidang peternakan dengan tema “Strategi Pengembangan Industri Peternakan pada Era Millenial Dengan Memanfaatkan Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi”, bertempat di kampus 1 UMBY.


Acara dibuka langsung oleh Ketua Program Studi peternakan, Ir. Nur Rasminati, MP dihadiri lebih dari 200 peserta yag terdiri  seluruh dosen peternakan  dan mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI) Wilayah III Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.


Tiga narasumber yakni Mr. Hassan Ishag Hassan Haren, B.Sc., M.Sc. (Dosen Omdurman Islamic University Sudan, Afrika) yang merupakan pemateri utama, kemudian mengundang juga alumni prodi peternakan UMBY yaitu Aziz Bakhtiar, S.Pt. dari PT. Mbangun Desa Banjar Negara, dan Hadi Trianto, S.Pt. (PT. Sido Agung Grup)   dengan moderator Ajat Sudrajat, S.Pt., M.Pt. alumni prodi peternakan tahun  2017.


Dalam sambutannya Kaprodi peternakan Ir. Nur Rasminati, MP. mengatakan kuliah umum ini bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa dalam menentukan strategi pengembangan peternakan di Indonesia dan menemukan solusi–solusi cerdas generasi millenial dalam menghadapi masalah–masalah peternakan yang sulit diatasi serta mengetahui cara pemanfaatan teknologi terbaru untuk meningkatkan produksi ternak.


Pemateri utama, Mr. Hassan Ishag Hassan Haren, B.Sc., M.Sc.menyatakan bahwa dalam upaya pengembangan industri peternakan di Indonesia sebaiknya memanfaatkan dan memaksimalkan potensi sumber daya alam, dimana Indonesia merupakan negara yang subur yang sangat mendukung untuk pengembangan industri peternakan. “Selain itu untuk mendukung program swasembada daging di Indonesia perlu ada intensifikasi breeding terutama untuk peternakan sapi supaya populasi bisa meningkat. Generasi millenial harus menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan literasi data agar bisa bersaing dengan negara-negara maju” tuturnya.


Acara diakhiri dengan pemberian pelakat, sertifikat dan souvenir kepada para narasumber serta foto bersama dilanjutkan acara ramah tamah. Pemberian pelakat, sertifikat dan souvenir pertama diberikan oleh Kaprodi Peternakan Ibu Ir. Nur Rasminati, MP. kepada Mr. Hassan Ishag Hassan Haren, B.Sc., M.Sc.. Pemberian pelakat, sertifikat dan souvenir ke dua diberikan oleh bapak Ajat Sudrajat, S.Pt., M.Pt. kepada bapak Aziz Bakhtiar, S.Pt.. Pemberian pelakat, sertifikat dan souvenir ke tiga diberikan oleh Ramanda Aulia (ketua pelaksana) kepada bapak Hadi Trianto, S.Pt.