LBB Di UMBY Diikuti 25 Peserta - Pupuk Semangat Nasionalisme Siswa

Universitas Mercu BuanaYogyakarta (UMBY) kembali menggelar Lomba Baris Berbaris (LBB) Minggu (17/11). 


Program tahunan tersebut dipusatkan di kampus 1 UMBY  Jalan Wates Argomulyo Sedayu Bantul. Kegiatan tersebut bagian dari rangkaian peringatan Dies Natalis ke -33 Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Tahun ini  peserta mencapai 25 pleton perwakilan SMA/SMK /MA di DIY.


Acara tersebut dibuka Wakil Rektor 1,  Dr Bayu Kanetro MP.  Bayu mengatakan pentingnya menyalakan kembali semangat nasionalisme, cinta tanah air, kedisiplinan hingga, kegigihan. Karena sikap tersebut  juga tercermin dalam aturan baris.  “Ada dua hal dapat diambil LBB ini yakni leadership dan followership. Dalam  acara itu dihadiri Ketua Umum Dies Natalis, Dr Kamsih Astuti M.Psi.


Ketua Panitia LBB, M Budiantara SE Msi mengatakan,  LBB ini merupakan agenda rutin digelar sejak 3 tahun lalu dalam momentum Dies Natalis UMBY.  Dilihat dari animo peserta, terus mengalami peningkatan untuk tahun ini mencapai 25 perwakilan dari sekolah menengah atas di Yogyakarta. Panitia juga bekerjasama dengan unsur TNI, polri Purna Paskibra Indonesia (PPI). Sejumlah  aspek penilaian diantaranya kekompakan, kepatuhan pada komando,  keseragaman estetika serta gerakan.


Penilaian dilakukan dalam tiga sesi, yakni pos 1, 2 dan tiga. Pos 1 dan 2 peserta diberi waktu 5 menit untuk menampilkan kebolehannya. Kemudian  di pos tiga  diberi 10 menit untuk berimprovisasi serta menampilkan sejumlah atraksi. 


“Dari kegiatan ini tentu harapannya mencetak generasi tertib, bertanggungjawab  dan disiplin,” jelasnya. 


 


Video LBB dapat dilihat di