Seminar Nasional Building Theory Pendekatan Grounded Theory dalam Khasanah Kearifan Lokal

Peringati Dies Natalis ke-33 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Fakultas Psikologi mempersembahkan Seminar Nasional Building Theory “Pendekatan Grounded Theory dalam Khasanah Kearifan Lokal”. Acara dilaksanakan di Auditorium Kampus 3, Sabtu (02/11/19). Seminar ini melakukan telaah mendalam mengenai Grounded Theory sebagai salah satu alat yang dapat digunakan untuk melakukan telaah terkait kearifan lokal yang dimiliki di Indonesia.


Dua pembicara hadir dalam seminar yaitu Dr. Bagus Riyono, M.A. dan Dr. Moordiningsih, M.Psi., Psikolog. Bagus Riyono, dosen Fakultas Psikologi UGM sekaligus penemu “Teori Ruh”. Beliau memaparkan tentang Grounded Theory secara umum serta syarat menjadi seorang peneliti kualitatif yang berkompeten. Pembicara lain, Moordiningsih membahas mengenai pentingnya melakukan riset dan cara menyusun teori khas Indonesia. Moordiningsih juga menceritakan pengalaman yang dimiliki saat melakukan riset kualitatif dengan pendekatan Grounded Theory hingga berhasil menyelesaikan studi doktoral.


Wakil Dekan Fakultas Psikologi, Anwar, M.Psi mengatakan,  seminar nasional ini dihadiri oleh 331 mahasiswa dari jenjang S1 hingga S2 dari berbagai perguruan tinggi di Yogyakarta dan masyarakat umum. Kedua pembicara tadi menekankan kepada peserta bahwa kepekaan terhadap teori harus dipahami. Teori merupakan suatu yang wajar dan ada dalam keseharian.


“Sebagai seorang ilmuan, mahasiswa hendaknya terbuka untuk semua teori, jangan menutup diri hanya memahami dan pro pada satu teori untuk menambah wawasan. Terlebih lagi, kajian mendalam mengenai teori lokal masih sedikit dibandingkan dengan teori dari luar. Hal tersebut menandakan bahwa riset mendalam mengenai teori dalam khasanah lokal memiliki peluang yang sangat terbuka lebar” tutur Anwar.