English on Street, Tempat Belajar Bahasa Inggris yang Menyenangkan

Yogyakarta, (27/10) Program studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kembali melakukan aksi nyata di tengah masyarakat terkait dengan pembelajaran bahasa Inggris. Tepat pada hari Minggu, mahasiswa-mahasiswa PBI beserta dosen program studi pendidikan Bahasa Inggris, Restu Arini S.Pd., M.Pd. berkeliling di sekitaran titik 0 kilometer untuk melakukan kegiatan English on Street. Kali ini, program studi Pendidikan Bahasa Inggris bertujuan untuk memasyarakatkan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Hal ini dikarenakan bahasa Inggris bagi kebanyakan orang masih merupakan hal yang asing dan sulit untuk dipelajari. English on Street hadir untuk memfasilitasi masyarakat dalam belajar berbicara bahasa Inggris dengan suasana yang santai dan pastinya tidak membutuhkan biaya yang banyak. Orang-orang yang ingin belajar bahasa Inggris atau sekedar ingin melakukan chit-chat menggunakan bahasa Inggris dapat berdonasi sebesar Rp 2.000,-


English on Street yang berlangsung selama satu hari ini  berhasil menarik perhatian pengunjung yang ada di titik 0 kilometer Malioboro, Yogyakarta. Mereka semua tampak serius dan menikmati proses conversation bersama dosen dan mahasiswa-mahasiswa pogram studi pendidikan bahasa Inggris Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang menjadi partner mereka berbicara.


Salah satu pengunjung menyampaikan rasa gembiranya mengenai kegiatan English on Street yang diadakan oleh program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Para pengunjung yang menjadi participant dalam kegiatan ini belajar mengenai bagaimana cara memperkenalkan diri dengan baik dalam bahasa Inggris (self intoduction). Selain itu, mereka juga ada yang bertanya mengenai perbedaan kata yang ada dalam bahasa Inggris, misalnya pebedaan antara noun, verb, ajective dan yang lainnya.


Beberapa pengunjung yang menjadi participant dalam kegiatan English on Street ini ada yang berasal dari Surabaya, Sidoarjo, Cilacap, Garut dan pasti dari kota Yogyakarta sendiri. Rombongan tour sekolah SD dari Cilacap kelihatan senang mendapatkan kesempatan belajar bahasa Inggris dengan para mahasiswa PBI UMBY. Ada juga kumpulan guru SMP yang berasal dari Garut, mereka antusias bertanya kepada mahasiswa PBI UMBY.


Ada juga mahasiswa dari PTS di Yogyakarta ikut parsipant dan mengaku senang atas kegiatan English on Street yang diadakan di titik 0 Malioboro hari Minggu itu dan bahkan ingin berpartisipasi langsung dalam kegiatan English on Street selanjutnya.