Himatika Seminarkan Peran Matematika Dalam Usaha

Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan    Seminar dan Multimedia Festival yang mengangkat tema “Peran Matematika Dalam Usaha”. Pada Sabtu (28/9)bertempat di Ruang Seminar Kampus 1 Universitas Mercu Buana Yogyakarta.


Acara ini diikuti 56 peserta dari berbagai kalangan, diantaranya adalah kalangan mahasiswa baik internal UMBY maupun eksternal, dosen, dan beberapa tamu undangan. Seminar dan Multimedia Festival ini menghadirkan dua pembicara,  yaitu Yohanis Catur Utomo,M.Pd selaku CEO Catur Jaya Property dan  Sus Handoyo,S.Si selaku Owner atau pemilik Vifas Batik. Seminar dibuka oleh Ni Nyoman Triani sebagai  Ketua Panitia Seminar Dan Multimedia Festival dihadiri juga pimpinan Fakultas FKIP UMBY, Nanang Khuzaini,S.Pd.Si.,M.Pd, Kepala Program Studi Pendidikan Matematiak Universitas Mercu Buana Yogyakarta dan Agustinus Hary Setiawan,S.Pd.,MA, Wakil Dekan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Mercu Buana Yogyakarta


Pemateri pertama, Yohanes Catur Utomo,M.Pd selaku CEO Catur Jaya Property  memaparkan bagaimana matematika berperan dalam dunia usaha baik langsung maupun tidak langsung. Seperti, bagaimana matematika dapat berdampak pada mental kewirausahaan, hingga bagaimana memproyeksikan suatu bisnis ke dalam model matematika.


Melengkapi apa yang disampaikan pada pembicara pertama, pembicara kedua yaitu Sus Handoyo S.Si juga menyampaikan pengalamannya dan strategi-strategi dalam berwirausaha. Baik Pak Yohanes dan Pak Sus, mereka berpendapat bahwa berwirausaha bukan sekedar mencari pundi-pundi rupiah saja. Mereka sepakat bahwa berwirausaha merupakan bentuk lain bagaimana membentuk jati diri seperti melatih tanggung jawab, kejujuran, dan mental. Pak Yohanes dan Pak Sus sama-sama telah merasakan menjadi mahasiswa.


“Menjadi mahasiswa memiliki peluang untuk membuka bisnis besar. Hanya saja, mahasiswa harus berkorban waktu tidak hanya untuk akademik saja, melainkan meningkatkan kreatifitas dan pola pikirnya hingga munculnya produk inovatif yang mampu bersaing di pasar” Ungkap Yohanes. Acara seminar ditutup dengan  tanya jawab dan pemberian doorprize dari Vifas Batik, dan dilanjutkan peninjauan   stand – stand pameran alat peraga dan multimedia.