Pemanfaatan Computer Based Test dalam Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Menghadapi Era 4.0

Era digitalisasi atau sering disebut era 4.0 membuka tantangan sekaligus peluang bagi setiap institusi untuk menjadi semakin berkembang dan memberi kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat. Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melalui Program studi (prodi) Magister Psikologi menyelenggarakan kuliah umum yang diikuti oleh seluruh Mahasiswa magister Psikologi bertempat di Auditorium Kampus 3 UMBY pada Jumat (13/9).


Ketua program studi Magister Psikologi,  Reny Yuniasanti,M.Psi., Psikolog dalam sambutannya menyatakan tujuan kuliah umum ini untuk memberi informasi dan inspirasi bagi  mahasiswa untuk ikut ambil bagian dalam pengembangan ilmu psikologi dengan pengukuran berbasis computer based.


Narasumber oleh Heru Widiatmo, PhD ,lulusan dari IOWA University Amerika sebagai narasumber menyampaikan Computer Based Testing merupakan salah satu terobosan strategi atau cara baru yang digunakan untuk mengukur variable psikologi secara lebih cepat dan akurat. “Pengukuran psikologis yang selama ini masih manual memiliki kendala dari sisi kecepatan hasil dan keakuratan hasil pengukuran yang masih subyektif tergantung dari interpretasi masing-masing interpreter atau peneliti” Ungkapnya 


Selain itu dalam kuliah umum ini disampaikan juga  masih banyak sekali kesempatan mahasiswa untuk menyusun atau  mengembangan pengukuran-pengukuran variabel psikologis yang memiliki standard norma dari responden Indonesia.


Diharapkan kedepannya melalui edukasi yang diselenggarakan ini menambah wawasan dan motivasi para mahasiswa untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan pengembangan pengukuran psikologis berbasis computer based sekaligus berdasar pada kearifan lokal masyarakat Indonesia.