Studium Generale Psikologi Integrasi Diri Berbasis Kearifan Lokal dan Kontribusi kepada Dunia

Program studi Magister Psikologi dan Magister Psikologi Profesi UMBY tiap tahunnya menyelenggarakan Studium Generale untuk mahasiswa baru. TA. 2019/2020 kuliah umum diselenggarakan bersamaan untuk memperingati Dies Natalis ke-33 UMBY, pada Sabtu (14/9). Kegiatan ini mengambil tema Integrasi Diri berbasis Kearifan Lokal dan Kontribusi kepada Dunia.


Ketua Panitia, Dr Triana Noor Edwina DS, M.Si, Psikolog dalam sambutannya mengatakan bahwa tema yang diusung dalam kuliah umum ini sejalan dengan tema Dies Natalis ke-33 UMBY yaitu tentang kearifan lokal dan berwawasan global. Kuliah umum diikuti oleh sekitar 100 mahasiswa S2 dan dosen fakultas Psikologi.


Narasumber, Dr Moordiningsih, M.Si, Psikolog yang juga dosen UMBY. Moordiningsih mengajak kepada seluruh peserta untuk belajar menjadi manusia yang baik. Belajar tentang kekuatan potensi diri juga memahami kelemahan dan mengoptimalkan diri dalam belajar psikologi. Selain itu juga belajar metode dalam psikologi khas indonesia yang tetap berbasis pada kearifan lokal namun memiliki orientasi untuk memberikan pencerahan dan publikasi hingga tingkat internasional.


“Sangat diperlukan peran serta para peneliti muda khususnya mahasiswa yang mendedikasikan diri dan pemikirannya untuk dapat turut serta mengembangkan konsep dan teori psikologi berbasis kearifan lokal bagi kemajuan Bangsa Indonesia,” terang Moordiningsih.


 


Dekan Psikologi, Dr Kamsih Astuti turut mengapresiasi atas materi kuliah umum ini, dan diharapkan materi yang disampaikan dalam kuliah umum bermanfaat khususnya untuk menguatkan kepercayaan diri mahasiswa S2 untuk lebih yakin dalam menyebarluaskan kemanfaatan ilmu psikologi bagi sesama.