Tim PKM UMBY Serahkan bantuan Taman Bacaan Berbasis Literasi

Program Kemitraan Masyarakat (PKM ) UMBY yang memperoleh hibah dari Kemenristek Dikti menyerahkan bantuan hibah kepada JBM (Jam Belajar Masyarakat) Budi utomo yang berlokasi di Dusun Blendung Desa Sumbersari Moyusan Sleman DIY pada minggu (15/9). Hibah ini sebagian dari rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat dalam program PKM (Program Kemitraan Masyarakat) Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang didanai Kemenristekdikti, diketuai Dr Triana Noor Edwina DS., M.Si, dengan anggota Sowanya Ardi Prahara, S.Psi., MA dan Arita Witanti, S.T., M.T memberikan  hibah berupa Taman Bacaan berbasis literasi digital  dan kearifan lokal yang diwujudkan dalam bentuk : pojok baca dan pojok budaya serta gerobak baca keliling.Fasilitas bantuan yang diberikan dari Tim PKM berupa untuk pojok baca berupa buku bacaan, rak buku, gerobak baca, mural taman  bacaan, komputer, LCD,  meja belajar, modem, peralatan belajar, modul tentang perkembangan peserta didik dan literasi digital. Untuk pojok budaya berupa koleksi edukasi permainan tradisional, dongeng dan lagu-lagu dolanan, tikar mendong, modul media pembelajaran pendidikan karakter dan software e-budaya.


Pembukaan Taman Bacaan berbasis literasi digital  dan kearifan lokal ini sekaligus penyerahan bantuan hibah dilaksanakan pada hari Minggu 22 September 2019. Pada saat pembukaan dan penyerahan bantuan hibah dihadiri Kepala desa Sumbersari dalam hal ini diwakili Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum,  guru pendamping dan peserta didik JBM Budi Utomo. Penyerahan bantuan diserahkan secara simbolis oleh Ketua PKM Dr Triana Noor Edwina DS., M.Si, didampingi anggota Sowanya Ardi Prahara, S.Psi., MA dan Arita Witanti, S.T., M.T ke Ketua JBM Budi Utomo. Acara ini dilakukan di Taman Bacaan JBM Budi Utomo.


Menurut Bapak Herry Susanto, A.Md selaku Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum  desa Sumbersari mewakili pemerintah Desa Sumbersari, mengatakan Taman Bacaan berbasis literasi digital  dan kearifan lokal diharapkan dapat dimanfaatkan oleh guru pendamping dan peserta didik JBM Budi Utomo dan dapat menjadi Pilot Project bagi dusun-dusun lain di Desa Sumbersari. 


Hal ini sejalan dengan tujuan didirikan Taman Bacaan Berbasis Literasi Digital dan Kearifan lokal  adalah  membangun tempat informasi yang lengkap dan up to date bagi pengembangan pengetahuan tentang perkembangan peserta didik baik perkembangan biologis, psikologis, maupun sosial serta pengetahuan dan pemahaman tentang materi-materi penguatan pendidikan karakter yang harus disampaikan kepada anak didik dan media pembelajaran untuk melakukan penguatan pendidikan karakter dengan berbasis teknologi informasi dan kearifan lokal. Penguatan karakter pada peserta didik melalui permainan tradisional, lagu dolanan dan dongeng ( literasi budaya). Selain itu, Melalui taman bacaan ini dilakukan gerakan literasi yaitu pemanfaatan teknologi informasi (literasi digital) mengajak anak umtuk membaca, menulis, menyimak suatu tema dalam penguatan karakter di berbagai sumber baik buku maupun media sosial. Selain ketrampilan membaca menulis ada literasi dasar lain yang mesti dikuasai anak antara lain adalah literasi budaya dan literasi digital" tuturnya.