Kantongi Predikat Akreditasi A, Manajemen UMBY Naik Kelas

Program Studi (Prodi) Manajemen UMBY meraih predikat Akreditasi A, melalui keputusan yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui Surat Keputusan (SK) No. 3292/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2019. Raihan tersebut melengkapi akreditasi A yang sebelumnya didapatkan Prodi Akuntansi.


Kaprodi Manajemen, Drs Subarjo, M.Si., mengungkap raihan akreditasi A prodi Manajemen merupakan hasil kerjasama seluruh komponen di UMBY. Inovasi dan usaha menjamin mutu pembelajaran menurut Subarjo menjadi alasan akreditasi A didapatkan memenuhi standar yang ditetapkan BAN-PT.


“Peringkat akreditasi A, Prodi Manajemen membuktikan kualitasnya sebagai program studi dengan pendidikan yang mutunya terjamin dan sesuai standar BAN-PT. Standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT sangatlah penting karena bisa memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan perguruan tinggi yang tidak memenuhi standar. Akreditasi A bukanlah alasan untuk cepat berpuas diri. Ini justru menjadi pelecut bagi program studi Manajemen untuk terus-menerus melakukan perbaikan, berinovasi, dan tentunya mempertahankan mutu yang tinggi,” ungkap Subarjo, Rabu (04/09/2019).


Dekan Fakultas Ekonomi, Drs Raswan Udjang, M.Si berharap raihan akreditasi A untuk dua prodinya membawa dampak positif bagi kepercayaan publik pada UMBY. Pihaknya kini terus berupaya berpikir maju kedepan untuk membawa prodi-prodi di Fakultas Ekonomi mendapat akreditasi internasional.


“Semoga Fakultas Ekonomi dengan dua program studinya meraih akreditasi A akan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk mendidik putra/putrinya di Fakultas Ekonomi UMBY. Nilai A menandakan bahwa Fakultas Ekonomi sudah menyelenggarkan proses belajar mengajar sesuai standar BAN-PT untuk menjadi perguruan tinggi yang Unggul, Mutu dan Bermanfaat, selanjutnya kita tidak berpuas diri karena ke depan kedua prodi ini dipersiapkan lagi untuk meraih akreditasi internasional,” ungkap Raswan Udjang.


Sementara Rektor UMBY, Dr Alimatus Sahrah memberikan apresiasi atas kinerja Fakultas Ekonomi dalam visitasi prodi Manajemen dan Akuntansi sehingga keduanya meraih akreditasi A. Pencapaian ini juga menjadi sebuah amanah bagi Fakultas Ekonomi untuk terus meningkatkan kualitas, baik dalam proses pembelajaran, penelitian serta pengabdian. “Peningkatan dalam proses belajar-mengajar, kualitas dan kompetensi dosen, serta kurikulum yang digunakan supaya sejalan dengan visi program studi,” terang ungkap Alimatus Sahrah.