Psikologi UMBY Jalin Kerjasama Dengan Dinas Psikologi TNI Angkatan Laut (Dispsi-AL)

Guna meningkatkan kompetensi sumber daya manusia, optimalisasi taraf hidup masyarakat serta memupuk hubungan kelembagaan, Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menjalin kerjasama dengan Dinas Psikologi TNI Angkatan Laut (Dispsi-AL). Kegiatan ini diwujudkan dengan dilakukan penandatangan MoU di Dinas Psikologi TNI Angkatan Laut (Dispsi-AL) Surabaya, Senin (29/07/19). Penandatanganan MoU dihadiri oleh Kepala Dinas Dispsi AL dan para Kepala Pusat Pendidikan sedangkan dari UMBY yakni Dekan Fakultas Psikologi, Dr. Kamsih Astuti, M.Si., Psikolog., dan Kepala Biro Layanan Psikologi, Novia Sinta R. M.Si., Psikolog.


Kerjasama ini antara lain terkait pendidikan berkenaan dengan proses pembelajaran dan pengembangan potensi diri seperti pemberian akses kepada mahasiswa Fakultas Psikologi UMBY untuk melaksanakan proses magang atau studi ekskursi (studi lapangan) atau praktek kerja profesi psikolog di Dinas Psikologi TNI AL. Disamping itu juga bidang penelitian yang fokus untuk pengembangan kehidupan individual dan institusi. Selain itu, juga bidang pengabdian kepada masyarakat meliputi kegiatan civitas akademika Fakultas Psikologi UMBY yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan institusi, masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.


Disampaikan oleh Dekan Fakultas Psikologi UMBY, Dr. Kamsih Astuti, bahwa dalam beberapa tahun terakhir, mahasiswa Fakultas Psikologi UMBY secara rutin mengadakan kunjungan belajar di Dinas Psikologi TNI AL.


Kunjungan belajar ini menjadi daya tarik bagi mahasiswa, karena mahasiswa dapat belajar secara langsung di lapangan terkait dengan tugas dan peran lulusan psikologi dan psikolog di dunia militer. “Lebih khususnya mahasiswa dapat mengetahui secara langsung proses asesmen dan layanan psikologis yang dilakukan di Dinas Psikologi TNI AL,” jelas Kamsih Astuti.


Kedepannya kegiatan yang akan dilakukan bukan hanya kunjungan belajar saja tetapi juga kegiatan yang lain seperti penelitian, pengabdian masyarakat, serta kegiatan pengembangan lain yang melibatkan dosen dan mahasiswa. Dengan demikian kedua pihak akan mendapatkan manfaat bersama dari adanya kerjasama ini.


Pada kesempatan ini Laksamana Pertama TNI Drs. Tri Budi Marwanto, MM., Psikolog, Kepala Dinas Psi-AL, mengungkapkan pentingnya peran psikolog di dunia militer. Mulai dari proses seleksi dan rekrutmen para calon tamtama, taruna, dan perwira TNI AL, promosi dan penempatan para perwira, serta pembinaan dan pengembangan prajurit TNI AL.  Dispsi-AL juga membuka kesempatan untuk psikolog lulusan Program Studi Magister Psikologi Profesi UMBY untuk mengikuti seleksi penerimaan perwira karier mengingat peran psikolog sangat dibutuhkan di TNI AL.