UMBY Latih Pemasaran Online bagi UMKM Batik Tulis Giriloyo Bantul

Ketatnya persaingan usaha di lingkup  Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM) termasuk usaha kerajinan batik, mendorong pelaku usaha untuk mengagresifkan aktivitas pemasarannya. Aktivitas pemasaran perlu disesuaikan dengan perkembangan lingkungan bisnis, seperti: kondisi persaingan, perkembangan teknologi dan permintaan konsumen. Guna menghadapi situasi bisnis yang berkembang saat ini, maka tim PKM UMBY melakukan pendampingan pemasaran untuk pengrajin/UMKM yang tergabung dalam Paguyuban Batik Tulis Giriloyo, Desa Wukirsari, imogiri, Bantul, DIY. Kegiatan dilaksanakan di Gazebo Paguyuban Batik Tulis Giriloyo beberapa waktu lalu.


Audita Nuvriasari, SE, MM selaku penanggungjawab program, menjelaskan bahwa pendampingan difokuskan pada kegiatan pemasaran yang ditujukkan untuk mengenalkan dan mendorong pelaku usaha menggunakan teknik pemasaran berbasis TI (Teknologi Informasi) seperti pemasaran melalui media sosial dan pengaktifan on-line shop sehingga aktivitas pemasaran menjadi lebih cepat dan memiliki jangkauan pemasaran yang lebih luas.


            “Kendala yang dihadapi oleh pelaku usaha dalam mengadopsi e-commerce adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan media pemasaran on-line seperti facebook dan instagram agar menarik dan  efektif menjangkau pasar yang dituju, melalui pendampingan ini, peserta dibimbing untuk menguasai teknik pengoperasian pemasaran on-line dari tahap awal sampai dengan akhir” Ungkap Audita.


Anif Fauzan Rozi, ST, M.Eng selaku instruktur program, menjelaskan bahwa dalam kegiatan ini UMBY bekerjasama dengan Tim Dosen Jualan untuk mendampingi peserta agar dapat secara maksimal mengoperasikan pemasaran on-line. Pada kesempatan tersebut tim PKM UMBY memfasilitasi website on-line shop Batik Tulis Giriloyo.


            Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini memberikan banyak manfaat bagi pelaku usaha agar dapat melakukan kegiatan pemasaran secara efektif sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas, mendorong peningkatan penjualan dan kinerja usaha semakin meningkat, ujar Isnaini Muchtarom selaku pengurus Paguyuban Batik Tulis Giriloyo.