UMBY Kembangkan Olahan Pisang Raja Bandung di Sedayu

Menindaklanjuti Program Kemitraan Masyarakat (PKM) tahun 2019 dengan Judul “PKM Desa Argodadi Untuk Kelompok Tani Pisang: Pengembangan dan Diversifikasi Olahan Pisang Raja Bandung sebagai Kuliner Unggulan,  Dosen dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Agus Setiyoko, S.TP.,M.Sc dan Tutut Dewi Astuti, SE, M.Si, Ak, CA, CTA bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) melakukan penyuluhan terkait tata cara memperoleh S-PIRT, Cara pengemasan dan pelabelan yang baik serta pelatihan mamajemen kelembagaan di KWT Anggur dukuh Brongkol, Desa Argodadi, Kecamatan Seadayu, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.


            Kegiatan ini merupakan tindaklanjut rangkaian program pelaksanaan program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Hibah pengabdian masyarakat Kementerian Riset dan Perguruan Tinggi tahun pelaksanaan 2019, yang telah dimulai sejak bulan April hingga Desember 2019.


Agus Setiyoko, S.TP., M.Sc menyampaikan bahwa potensi pisang raja Bandung yang selama ini dianggap sebelah mata, ternyata dengan adanya sentuhan ilmu dan teknologi bisa diolah menjadi berbabagi macam jenisnya, misalnya (tepung pisang, kue dodol, cookies dan kue bolu panggang/kukus). Aneka olahan ini dapat meningkatkan nilai jual dari pisang raja bandung guna menopang kesejahteraan para petani pisang raja bandung. Sumber pangan lokal kita tersedia secara melimpah ruah, masyarakat kita membutuhakan sentuhan ilmu dan Teknologi  untuk mengolahnya.


Dalam kegiatan ini juga dilakukan serah terima peralatan pengolahan pisang raja bandung (alat penggiling tepung, Mixer, Blender, Sealler, Overn portable dan lain-lain) kepada ketua Kelompok Wanita Tani  (KWT) Anggur Dukuh Brongkol, Ibu Bariyah di damping Dukuh Brongkol, Sugiyat. Dukuh Brongkol menyambut gembira pemberian alat-atat ini dan berharap dengan adanya bantuan peralatan ini diharapkan masyarakat dapat berlatih mengolah pisang raja bandung tentunya dengan program pendampingan yang berkesinambungan dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta, hingga pada akhirnya mereka bisa mandiri untuk menjadikan Olahan pisang raja bandung sebagai kuliner Unggulan dari Dukuh Brongkol