Pelepasan PPL Mahasiswa FKIP

Unit Pelepasan Program Pengenalan Lapangan (UPPL) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMBY melakukan agenda rutin tahunan yaitu Pembekalan dan Pelepasan Program Pengenalan Lapangan (PPL). Kegiatan ini ditujukan bagi mahasiswa semester 6 yang akan diterjunkan ke 5 (lima) sekolah mitra yakni SMA Negeri 1 Imogiri, SMA Negeri 1 Jetis, SMA Negeri 1 Sedayu, SMP Negeri 2 Godean, dan SMP Negeri 4 Yogyakarta. Adapun tema dari kegiatan ini adalah “Hidupmu, Pendidikanmu, dan Duniamu”. Sebanyak 38 mahasiswa mengikuti kegiatan ini di aula Gedung FKIP Kampus I, Selasa (09/07/19).


Kegiatan dibuka oleh Wakil Dekan FKIP Agustinus Hary S.Pd., MA. Agustinus Hary berpesan bahwa peserta PPL harus selalu optimis, rendah hati, ikhlas dan mau belajar dari guru sekolah. “Mahasiswa PPL FKIP UMBY tidak kalah kualitasnya dibandingkan mahasiswa PPL dari universitas lain,” tambahnya.


Kegiatan pembekalan dilanjutkan diisi oleh narasumber utama yakni Dra. Yati Utami Purwaningsih, M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa modal utama bagi guru dan calon guru harus mempunyai komitmen yang tinggi dalam menjalankan tugasnya. Hal ini dimaksudkan untuk menghadapi tantangan global di era industri 4.0. “Lesson Study sangat pentingbagi calon guru demi meningkatkan kualitas pembelajaran, karena  kinerja guru menunjukkan prestasi kerja guru dalam  mengajar yang dipengaruhi oleh komitmen dan inovasi,” jelas Yati.


Pemateri kedua yaitu Nuryadi, S.Pd.Si., M.Pd. Nuryadi menyampaikan bahwa calon guru harus dapat memahami kegiatan sekolah yang menyangkut kegiatan persekolahan meliputi praktik pembelajaran, praktik persekolahan, dan kompetensi guru era revolusi 4.0. Nuryadi juga menambahkan bahwa tantangan kedepan bagi calon guru yang diterjunkan adalah dapat membuat pelatihan (workshop) di sekolah guna meningkatkan kualitas guru dan sekolah.