Bedah Buku Kecanduan Internet dan Penanganannya

Sabtu (6/7), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan kegiatan Psychocreative. Bedah Buku yang berjudul Kecanduan Internet Panduan Konseling dan Petunjuk untuk Evaluasi dan Penangan yang ditulis oleh Drs. Helly P. Soetjipto, M.A, yang juga sekaligus bagai pemateri pada acara ini. Kegiatan ini berlangsung di  kampus 3 yang diikuti oleh lebih dari 50 mahasiswa psikologi UMBY.


Kegiatan Psychocreative ini bukan hanya berpusat pada bedah buku tentang kecanduan internet. Tetapi juga sebagai wadah untuk menyalurkan kemampuan mahasiswa dalam menulis essay dan membuat poster dengan tema Dampak Revolusi Industri 4.0 terhadap pendidikan, sosial, budaya, ekonomi, dan industri. Dari kegiatan ini diharapkan mahasiswa lebih peka terhadap kemajuan teknologi yang terus berkembang hingga saat ini. Bukan hanya itu, kegiatan ini juga dapat melatih kemampuan mahasiswa dalam menulis, berpikir kritis, dan dapat mengasah kreativitas yang dimiliki mahasiswa psikologi UMBY.


Kegiatan psychocreative ini mendapatkan 5 juara lomba yang di bagi 2 yaitu, lomba essay dan lomba poster. Dengan 3 juara lomba essay dan 2 juara lomba poster yang dinilai langsung oleh Juri yang juga dosen UMBY. Juara 1 lomba essay yaitu Dea Pranata Kusuma dengan judul : Internet of Thinks dan Resiko Kualitas Pendidikan Bangsa. Juara II lomba essay yaitu Yantya Ken dengan judul : Perubahan Pola Kehidupan Sosial Generasi Milenial. Juala III lomba essay yaitu Muhammad Adi N. dengan judul ISEAN (Integrity of Self Efficacy for Academic Anxiety) : urgensi Integritas Efikasi Diri dalam Menanggulangi Kecemasan Akademik Melalui Perspektif Psikologi untuk Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0. Dan juara I lomba poster yaitu Aditya Cangkasa dengan judul Revolusi Industri 4.0 Sebuah Kemajuan?. Juara II lomba poster yaitu Destya Fajar dengan judul Dengan Karakter Diri Berani Membangun Relasi.


Kegiatan Psychocreative ini sudah berlangsung sejak bulan April hingga bulan Juli yang dimulai dari pendaftaran, pengumpulan karya dan penilaian karya oleh juri. Kegiatan hari ini juga untuk menyerahkan sertifikat dan hadiah kepada para pemenang yang diberikan langsung oleh Dekan Fakultas Psikologi UMBY, Kaprodi Psikologi UMBY dan juga dari perwakilan panitia Psychocreative 2019.


Diharapkan dengan diadakannya acara ini dapat menambah minat mahasiswa untuk menulis dan juga dapat dijadikan wadah untuk mahasiswa menungkan ide dan gagasannya, serta melatih mahasiswa untuk berpikir kritis dengan perkembangan dunia saat ini.