BIMTEK Pelaku Usaha Mikro dan Kecil se-Kecamatan Sedayu

Guna meningkatkan kemampuan pengolahan produk tanaman pangan serta memaksimalkan pemasaran,  Pemerintah Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY). Kerjasama ini dikemas dalam Bimbingan Teknis (Bimtek), yang berlangsung selama 2 hari, Kamis-Jumat, 16-17 Mei 2019. Bimtek yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Sedayu diisi oleh dosen program studi Teknologi Hasil Pertanian, Agus Setiyoko, S.TP., M.Sc. Acara ini diikuti oleh 25 peserta yang merupakan perwakilan dari 4 Desa di Kecamatan Sedayu yakni Desa Argorejo, Desa Argomulyo, Desa Argosari, dan Desa Argodadi.


Acara Bimtek dibuka oleh Camat Sedayu, Drs. Fauzan Muarifin. Dalam sambutannya, Fauzan menyampaikan bahwa di wilayah Kecamatan Sedayu memiliki banyak potensi tanaman pangan yang belum diolah secara maksimal. Disamping itu para pelaku usaha mikro dan kecil mengalami kendala dalam proses pemasaran produk.


“Kami berharap dengan Bimtek ini masyarakat Sedayu khususnya pelaku usaha memahami diversifikasi olahan tanaman pangan dan dapat memaksimalkan pemasaran produk, baik itu secara online ataupun offline,” harap Fauzan Muarifin.


Pada kesempatan tersebut, Agus Setiyoko memaparkan tentang potensi tanaman pangan yang ada di wilayah Kecamatan Sedayu disertai contoh diversifikasi olahannya, seperti olahan buah-buahan, sayur-sayuran, rempah, hingga produk perikanan. Selain itu, Agus Setiyoko juga menyampaikan terkait strategi pemasaran baik secara offline maupun online. Pemasaran offline dapat dilakukan dengan membuat kemasan yang unik, promosi menggunakan brosur, ataupun secara lisan. Sedangkan pemasaran online dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi, yakni mengoptimalkan sosial media (facebook, instagram, blog, whatsapp, twitter, dll) dan marketplace (tokopedia, lazada, bukalapak, dll).


Salah satu peserta Bimtek, Ayu berharap bahwa bimtek semacam ini dapat dilaksanakan rutin dan disertai pembinaan secara berkelanjutan, karena sangat bermanfaat bagi para pelaku usaha mikro dan kecil dalam menunjang keberhasilan usaha.