UMBY Hidupkan JBM di Dusun Blendung, Tanamkan Pendidikan Karakter

Potensi Desa Sumbersari terhadap pendidikan anak cukup baik, yaitu dengan adanya JBM (Jam Belajar Masyarakat). JBM ini dinamakan JBM Budi Utomo Dusun Blendung Desa Sumbersari, Kegiatan yang dilakukan JBM ini berupa bimbingan belajar dengan membentuk kelompok belajar usia SD, SMP dan SMA. Pelaksanaan jam belajar dari pukul 19.00 sampai dengan 21.00 WIB. Akan tetapi pelaksanaan pendidikan karakter pada anak didik belum maksimal karena relawan satuan pendidikan atau guru pembimbing JBM tersebut kurang memiliki belum memahami perkembangan peserta didik baik perkembangan biologis, psikologis, maupun   sosial serta kurang memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang materi-materi penguatan pendidikan karakter yang harus disampaikan kepada anak didik


Berdasarkan  potensi  Desa  Sumbersari  dan  hasil  assesmen  yang  telah  diuraikan tersebut maka sebagai bagian dari pengabdian masyarakat dalam program PKM (Program Kemitraan Masyarakat) Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang didanai Kemenristekdikti, diketuai Triana Noor Edwina DS., M.Si, dengan anggota Sowanya Ardi Prahara, S.Psi., MA dan Arita Witanti, S.T., M.T dengan mitra JBM (Jam Belajar Masyarakat) Budi Utomo mengadakan pendampingan selama hampir 1 bulan di bulan Mei 2019 ini pada guru pendamping dalam memahami perkembangan psikologis anak dan remaja peserta didik,. Guru pendamping diberikan pengetahuan tentang perkembangan peserta didik baik perkembangan biologis, psikologis, maupun sosial. serta pengetahuan dan pemahaman tentang materi-materi penguatan pendidikan karakter yang harus disampaikan kepada anak didik. Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter dikembangkan dan dilaksanakan selaras dengan perkembangan peserta didik baik perkembangan biologis, psikologis, maupun sosial, agar tingkat kecocokan dan keberterimaannya tinggi dan maksimal.


Menurut penuturan Bapak Sadiyan selaku ketua JBM Budi Utomo, pemberian pengetahuan tentang perkembangan peserta didik dan pemahaman tentang materi-materi penguatan pendidikan karakter yang harus disampaikan kepada anak didik selaras dengan kebutuhan- kebutuhan perkembangan peserta didik perlu memperoleh perhatian intensif. Kegiatan JBM yang berjalan dengan baik akan memberi kemudahan bagi anak-anak peserta didik dalam mendapatkan pendidikan non formal, sehingga pendidikan anak-anak dalam berjalan baik, pendidikan disini tidak hanya mengajarkan pengetahuan tapi juga pendidikan karakter.