RAT Sebagai Wujud Koperasi Profesional

Salah satu penanda keberhasilan suatu organisasi, termasuk koperasi adalah ketika anggota merasa menjadi bagian dari organisasi tersebut. Adapun Rapat Anggota Tahunan (RAT) adalah sebagai wujud koperasi yang profesional.


Hal demikian ditegaskan Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perindustrian Bantul, Drs. Agus Sulistiyono, MM., saat memberi sambutan pada acara RAT Tutup Buku 2018 dan pemilihan pengurus-pengawas Koperasi Pegawai ‘Kopika’ Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), baru-baru ini. Acara yang dilaksanakan di ruang Seminar Kampus I UMBY tersebut dihadiri pula perwakilan Yayasan Wangsamanggala, Wakil Rektor/ sebagian pimpinan UMBY serta anggota koperasi.


“Koperasi harus selalu berusaha mensejahterakan anggota, selalu memberikan manfaat bagi anggota khususnya dan lingkungan kampus pada umumnya,” tutur Agus sebelum melantik pengurus baru koperasi Kopika UMBY periode 2019-2021.


Sementara itu Wakil Rektor I UMBY, Dr. Ir. Bayu Kanetro, MP., mengungkapkan koperasi pegawai ‘Kopika’ UMBY yang merupakan koperasi insan kampus sangat berpotensi untuk berkembang. Koperasi yang hampir diikuti oleh seluruh dosen dan tenaga kependidikan ini diharapkan untuk saling kompak dan saling mendukung. Selain itu perlu menyediakan beragam kebutuhan khususnya akademik mahasiswa, kebutuhan dosen dan karyawan.


“Pengelola koperasi harus mengedepankan prinsip-prinsip pelayanan dan menjaga kepercayaan dari semua anggota, khususnya akuntabilitas dan transparansi,” harap Bayu.


Sementara itu ketua koperasi setempat periode 2019-2021, Widarta, SE., MM., menjelaskan secara organisasi jumlah anggota mengalami peningkatan dari 217 menjadi 252 anggota. Bahkan bidang usaha baik simpan pinjam, kantin, waserda maupun fotokopi juga mengalami peningkatan cukup besar. Hal ini ditunjukkan dengan kenaikkan SHU mencapai 25 persen dari tahun lalu.


“Masih banyak juga potensi yang bisa digarap dari koperasi ini untuk meningkatkan pelayanan dan memenuhi kebutuhan anggota, misalnya membuak kantin dan fotokopi di kampus 2 dan 3,” urainya.


Sedangkan Ketua Pengawas, Ir. Munasir mengungkapkan, secara umum kepengurusan periode ini baik dari sisi administrasi maupun keuangan cukup baik dan kedepan berharap koperasi ini dapat lebih berkembang seiring dengan perkembangan universitas yang terus semakin banyak mahasiswanya.