BEMF Psikologi Gelar Aksi Garuk Sampah

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Psikologi (BEMF Psikologi) Universitas Mercubuana Yogyakarta (UMBY) Departement Pengabdian Masyarakat, bersama dengan TIM Relawan Psikologi UMBY mengikuti kegiatan bakti sosial dengan komunitas “Garuk Sampah” dimana komunitas Garuk Sampah ini berfokus menjaga kebersihan lingkungan budaya dan wisata khususnya di area jeron beteng. Agenda kali ini pada hari sabtu, 11 Mei  2019 bersama-sama melakukan kegiatan membersihkan sampah-sampah di lingkungan Alun-alun utara dan area sekitaran bangunan cagar budaya Kraton Yogyakarta membersihkan beberapa titik sampah yang tersebar dan berserakan di area tersebut, sampah-sampah tersebut kemudian dikumpulkan kedalam beberapa trash bag yang nantinya akan dipilah-pilah berdasarkan beberapa jenis sampah yang masih bisa diolah, dijual, atau dimanfaatkan kembali, kegiatan ini dimulai pada pukul 15.00 WIB dan selesai pada saat menjelang adzan maghrib.


Menurut penuturan Yantya Ken Windraya, kepala Departement Pengabdian Masyarakat BEMF Psikologi UMBY mengungkap bahwa, kepedulian dan antusias masyarakat tentang menjaga kebersihan lingkungan merupakan hal positif yang harus selalu didukung dan digalakan dimana saja, karena kebersihan lingkungan merupakan salah satu faktor penting dalam kelayakan lingkungan yang ideal untuk aktivitas sehari-hari, kebersihan bisa dimulai dari lingkungan sekitar kita sampai lingkungan umum, dengan memulai membiasakan hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya akan sangat membantu dalam menjaga kebersihan lingkungan. “menurut saya kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat bagi siapa saja, karena kegiatan seperti ini adalah bentuk sukarelawan yang mau tergerak dan peduli dengan keadaan kebersihan lingkungan sekitar dengan cara membersihkan sampah yang sangat mengganggu kenyamanan,” ungkapnya.


Shafira Maulizar Wakil Gubernur BEMF Psikologi UMBY mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk dari aksi kepedulian kita pada kebersihan lingkungan sekitar yang harus selalu dijaga untuk terciptanya situasi kondusif yang nyaman. “kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kebersihan tempat-tempat umum dari kotoran sampah-sampah yang berserakan, selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan kondusif dari banyaknya sampah yang mengganggu yang tersebar di ruang-ruang publik,” ungkapnya.


Bobi Supriyansyah, ketua TIM Relawan Psikologi menambahkan, mungkin sampah sering dianggap hal yang tidak penting sehingga beberapa orang masih melakukan membuang sampah sembarangan tidak pada tempatnya, perilaku seperti itulah yang membuat lingkungan menjadi tercemar. Maka dari itu kita semua tahu bagaimana pentingnya menjaga lingkungan kita supaya bersih dari adanya sampah yang berserakan. “masih banyak sekali orang-orang yang membuang sampah secara sembarang, maka dari itu dengan adanya kegiatan ini saya mengharapkan masyarakat bisa tahu dan sadar betapa pentingnya diri kita untuk membuang sampah pada tempatnya, karena bila kita lihat di tempat umum seperti ini masih banyak sampah yang berserakan yang sangat mengganggu kenyamanan,” ujarnya.


Kegiatan ini rutin diadakan pada bulan-bulan berikutnya, selama bulan ramadhan ini diadakan setiap hari