UMBY menggelar Pelatihan Psikologi Tanpa Batas

Magister profesi psikologi Universitas Mercu Buana  Yogyakarta menggelar pelatihan persiapan tanggap bencana yang bertema Psychological First Aid (PFA) dan Stabilisasi emosi pasca bencana pada hari sabtu, 11 Meil 2019. Informasi di dalamnya semacam TOT Training for Trainer dimana agar para calon psikolog mempunyai tanggung jawab social pasca bencana dengan sebutan psikolog tanpa batas. Psikolog tanpa batas ini disiapkan agar bisa berkontribusi di setiap waktu yang di butuhkan.


Ketua panitia  penyelenggara, Emir Muttaqin., M.Sc mengatakan serangkaian pelatihan ini adalah pemantik awal kegiatan mahasiswa-mahasiswi magister  profesi psikologi Klinis Universitas Mercu Buana Yogyakarta, masih ada lagi rangkaian pelatihan berikutnya dari profesi Psikologi Pendidikan dan Profesi Psikologi Industri organisasi di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Masih menurut mas emir, bahwa mahasiswa tidak hanya mendapatkan pelajaran dari kuliah saja melainkan dari kelas-kelas di luar perkuliahan, kegiatan ini juga diharapkan sebagai media pembelajaran Psikoenterpreneur untuk menghadapi 4.0 yang distrubtib ini. Yah, kita tau ini era distrubtif dan bonus demografi dimana penduduk usia produktif lebih banyak di banding usia non produktif sehingga lowongan kerja harus kita yang membuat bukan malah mencari kerja. Diikui oleh 125 peserta,  kegiatan ini terdiri dari magister profesi psikologi UII, UMBY, UAD, UGM, UMS hingga UMM.


Kegiatan pelatihan ini merupakan awal kegiatan dari berbagai rangkaian yang akan dilakukan magister profesi psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Semoga dapat mengubah kognitif hingga prilaku pada peserta pelatihan dan siap berkontribusi pada masyarakat yang membutuhkan baik secara professional dan secara social.


Dari berbagai kegiatan ini diharapkan Magister Profesi Psikologi UMBY bisa bersinergi dengan seluruh kampus yang memiliki Prodi Magister Profesi se-Yogyakata hingga dalam ranah Nasional, selain kegiatan ini di harapakan bersinergi melainkan mempunyai estapet pada setiap angkatan tegas emir selaku ketua panitia.


Tambahan dari Dr. Sri Muliati Abdullah M.A selaku Ketua Prodi Magister Profesi Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta bahwa kegiatan ini adalah kali pertama dalam awal beliau menjadi Kaprodi dan berharap kegiatan demi kegiatan biasa menjadi evaluasi kedepannya, sehingga menjadi sebuah pelajaran psikoenterpreneur. Yang paling penting adalah peserta paham dan dapat mengaplikasikan setiap materi yang ada di masyarakat.


Dalam kesempatan tersebut Ibu kaprodi menghaturkan terima kasih setiap jajaran pengurus  akademika UMBY seperti mas Tri Soesanto S.E sebagai Penanggung Jawab dan seluruh jajaran yang terkait kegiatan ini. Dan menghimbau juga untuk terus berjuang demi kebaikan Magister Profesi Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta pada khususnya dan fakultas psikologi UMBY pada umumnya. Jaya terus mahasiswa-mahasiswi Universitas Mercu Buana Yogyakarta.