Fakultas Psikologi Kuliah Umum Strategi Pengorganisasian Masyarakat

Guna meningkatkan sensitivitas sosial dan pengetahuan dalam melibatkan masyarakat untuk mengatasi persoalan di komunitas, Fakultas Psikologi menggelar kuliah umum Strategi Pengorganisasi Masyarakat di Auditorium kampus 3 UMBY, Sabtu (06/04/19).


Kuliah umum diisi oleh Suharti, aktivis perempuan dari LSM Rifka Annisa yang bergerak dalam isu gender dan kekerasan terhadap perempuan dan M Nurul Ikhsan Saleh M.Ed dari Indonesia Mengajar yang berkontribusi dalam bidang pendidikan dan pengajaran bagi anak-anak daerah terpencil di Indonesia, sedangkan acara ini dimoderatori oleh dosen Fakultas Psikologi UMBY, Febriana Ndaru Rosita, M.Psi, Psikolog.


Dihadapan lebih dari 500 peserta, narasumber memaparkan permasalahan sosial terkini yang sedang diupayakan oleh lembaganya dan cara yang digunakan dalam melibatkan masyarakat untuk bergerak bersama dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.


Praktisi ilmu psikologi dituntut untuk mampu menggalang kekuatan sekaligus menstimulasi kesadaran kritis masyarakat atas situasi sosial dan kultural mereka sendiri yang berdampak terhadap kesejahteraan hidup. Intervensi yang dibutuhkan pun tidak cukup menyasar pada individu yang bermasalah, melainkan intervensi komunitas yang lebih luas dengan melibatkan para masyarakat dengan menyasar determinan sosial seperti kultur budaya, peran gender, keyakinan, sistem nilai dan struktur sosial yang berkontribusi terhadap munculnya permasalahan kesehatan mental.