ESA UMBY Galang Dana Untuk Korban Banjir

Baru-baru ini HMPS ESA (English Student Association) dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menggelar kegiatan penggalangan dana, Sabtu (06/04/19). Bantuk kegiatan sosial ini ditujukan untuk membantu warga Bantul dan Papua yang terdampak akibat bencana banjir.


Fikri Rosyadi Albar dari HMPS ESA mengatakan, pihaknya mengajak seluruh anggota untuk terjun ke lapangan. Kegiatan penggalangan dana ini dilaksanakan selama dua hari dengan titik lokasi yang berbeda. Dana yang sudah telah terkumpul akan disalurkan pada korban banjir di daerah Bantul dan Papua dan akan diberikan dalam bentuk sembako dan uang tunai.


Bantuan yang telah dihimpun oleh ESA didistribusikan dengan cara yang berbeda. Bantuan untuk daerah Bantul, diserahkan pada salah satu distributor bantuan yakni Pesantren Ar-Rahmah. Pengurus HMPS ESA memberikan bantuan langsung ke lokasi.


“Reaksi masyarakat sangat antusias. Bantuan yang disalurkan ini nantinya oleh pihak pesantren akan diberikan pada para korban melalui doa bersama yang diselenggarakan oleh pihak pesantren dan mengundang masyarakat sekitar yang juga menjadi korban. Pihak pesantren bagi kami HMPS adalah sebagai penjembatan antara donator dan penerima bantuan,” ungkap Fikri.


Sedangkan bantuan yang ditujukan pada korban banjir Papua disalurkan melalui ACT (Aksi Cepat Tanggap).