KKN Kelompok-48 Peduli Kesehatan Pedagang Pasar Demangan

Badan penelitian dan Pengembangan Kesehatan Indonesia merilis hasil penelitian tahun 2018 tentang adanya peningkatan prevalensi penyakit tidak menular di masyarakat. Penyakit tidak menular adalah penyakit yang tidak dapat ditularkan kepada orang lain dan terjadi karena faktor keturunan dan pola gaya hidup yang tidak sehat. Penyakit tidak menular dapat dideteksi melalui pemeriksaan kesehatan secara berkala. Kesadaran terhadap pentingnya pemeriksaan kesehatan untuk mengantisipasi resiko penyakit tidak menular perlu ditingkatkan mengingat resiko terberat yang ditimbulkan.


            Hal ini menjadi latar belakang  diselenggarakannya salah satu program kerja KKN-PPM Universitas Mercu Buana Yogyakarta kelompok 48 tahun 2019 dengan tema ‘Bersama menciptakan kebersamaan paguyuban pedagang pasar Demangan” yakni dengan menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi para pedagang dan paguyuban pasar Demangan Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 17 Februari 2019 pada pukul 10.00 – 12.00 WIB dan dihadiri oleh 28 pedagang Pasar Demangan serta  didampingi oleh tim kesehatan dan tim KKN yang terdiri dari 11 mahasiswa. Program pemeriksaan kesehatan yang diselenggarakan kali ini meliputi pemeriksaan Tekanan Darah, Asam Urat dan kadar Gula Darah.


Animo para pedagang terhadap program pemeriksaan tes kesehatan ini sangat positif, hal ini dilihat dari jumlah kehadiran peserta yang melebihi jumlah undangan. Rentang usia peserta pemeriksaan kesehatan adalah 31 – 79 tahun. Hasil pemeriksaan kesehatan diinformasikan secara langsung oleh petugas kesehatan kepada para peserta sebagai deteksi awal terhadap penyakit tidak menular dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan antisipasi terhadap resiko penyakit tidak menular