Guru Besar UMBY Berbagi Manfaat Kunir Putih di Kulonprogo

Belum maksimalnya pemanfaatan lahan kosong dan pekarangan rumah warga Dukuh Sindon Desa Hargorejo Kecamatan Kokap Kulonprogo, DIY, membuat kelompok 32 KKN-PPM UMBY menggelar sosialisasi. Sosialisasi digelar dengan mendatangkan narasumber, harapannya warga Sindon dapat memanfaatkan lahan pekarangan yang kosong.


Menghadirkan  narasumber Guru Besar Teknologi Hasil Pertanian, Prof. Dr. Ir. Hj. Dwiyati Pujimulyani, MP. Prof. Dwiyati, sapaan akrabnya memberikan sosialisasi tentang pemanfaatan lahan pekarangan dengan ditanami tanaman obat kunir putih sebagai tanaman yang berkhasiat untuk mencegah serta mengobati berbagai penyakit. Diantaranya dapat mencegah bahkan mengobati kanker, maag, ambeien, bronkitis, amandel, nyeri haid, penyakit yang berhubungan dengan lemak, asam urat, hingga penurun kolesterol.


Warga Sindon dapat menanam tanaman kunir putih di pekarangan rumah karena proses penanamannya tidak membutuhkan teknik khusus sehingga mudah untuk diaplikasikan. Kegiatan ini ditanggapi sangat antusias oleh anggota PKK karena ini merupakan pengetahuan baru serta peluang mata pencaharian baru.


Pada akhir sosialisasi, kelompok 32 KKN-PPM UMBY membagikan bibit kunir putih sebanyak sembilan kg yang dibeli langsung dari kebun Prof. Dr. Ir Hj. Dwiyati Pujimulyani, MP., untuk anggota PKK yang hadir.