Sosialisasi Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Bagi Buruh Gendong Dan Pedagang Pasar Beringharjo Yogy

 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Univeristas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kembali  berinovasi dengan mengusung KKN tematik di pasar tradisional. Dalam kegiatan KKN ini, mahasiswa ditempatkan di pasar yang tersebar di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk membantu mengurai permasalahan yang dihadapi warga pasar. 


Kelompok 42 dan 43 bekerjasama mengadakan kegiatan sosialisasi pentingnya belajar bahasa inggris bagi buruh gendong dan pedagang Pasar Beringharjo Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu (10/2)  pukul 8.00 s/d 10.00 WIB, dilaksanakan di Aula lantai 3 Nusa Indah, dengan pesertanya dari buruh gendong dan pedagang di pasar Beringharjo Yogyakarta. Dalam kegiatan ini panitia mendatangkan seorang yang profesional dalam mengajar bahasa inggris yaitu Ibu Restu Arini S. Pd M. Pd, yang juga merupakan Dosen dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY). Kegiatan ini sangat menarik karena para peserta bisa langsung mempraktikkan bahasa inggris, peserta diajak berdialog bahasa inggris, dengan tamu yang sudah dibawa oleh Ibu Restu untuk berdialog dengan mereka.


Pelatihan bahasa inggris dimulai dengan mengajak peserta dari buruh gendong dan pedagang untuk memperkenalkan diri satu persatu dengan menggunakan bahasa inggris dengan dibantu asisten, kemudian dialog kedua peserta diajak berdialog dengan turis, datang seorang turis dengan tujuan ingin membeli emas dan dia tidak tahu arahnya kemana, maka peserta diajari bagaimana cara menunjukkan arah, seperti turn righ, turn left, dan lain-lain. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini, mereka seperti bermain dan belajar, terlihat mereka sangat bahagia bisa mengikuti pelatihan ini. Para peserta juga diberikan buku saku bahasa inggris sebagai panduan untuk dipakai dan dipergunakan setiap hari apabila mereka bertemu dengan turis, mereka sudah bisa apa yang harus dilakukan.


Pelatihan bahasa inggris ini sangat penting bagi para buruh gendong dan pedagang, karena dari wawancara dan observasi yang telah dilakukan oleh mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta, buruh gendong dan pedagang sering ketemu turis tapi mereka tidak mengerti bahasa yang diucapkan oleh turis.


“Pelatihan bahasa inggris bagi buruh gendong dan pedagang ini diharapkan dapat membantu buruh gendong dan pedagang untuk lebih percaya diri dalam berbahasa inggris, mengerti dan mampu berbahasa inggris, sehingga para turis pun senang untuk berkunjung ke pasar tradisional, dan mengangkat indonesia menjadi negara yang maju, berpendidikan, dan mampu bersaing dalam dunia internasional” ungkap Nasrul Umam, salah satu mahasiswa KKN tematik UMBY kelompok 42.


Setelah selesai pelatihan para mahasiswa kemudian turun ke Pasar Beringharjo untuk menemui para pedagang yang tidak bisa hadir karena mereka harus bekerja, para mahasiswa menyebar dan memberikan buku saku kepada pedagang-pedagang di Pasar Beringharjo, sebagai buku panduan ketika mereka bertemu dengan turis yang sedang berkunjung di Pasar Beringharjo Yogyakarta.