KKN UMBY Berikan Pelatihan Teknologi Pakan Ternak dengan Teknik Silase

Sebagai bentuk kepedulian terhadap warga Pedukuhan Tegiri I, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Tim KKN Kelompok 1 UMBY salah satu  program kerja utamanya, yaitu Pelatihan Teknologi Pakan Ternak dengan Teknik Silase.


Pelatihan Teknologi Pakan Ternak dengan Teknik Silase yang bertujuan untuk mengawetkan hijauan pakan ternak dengan meminimalisir hilangnya nutrisi pada hijauan pakan ternak dan Pelatihan Pemanfaatan Limbah Anorganik Sebagai Media Tanam yang bertujuan untuk memanfaatkan limbah anorganik sebagai media tanam yang mudah dan praktis, serta melaksanakan program pendukung setiap hari


Ketua kelompok KKN Kelompok  I, Febi Prabowo  didampingi Hadi Prabowo mengatakan “Mayoritas penduduk di Pedukuhan Tegiri, Desa Hargowilis  merupakan petani dan peternak, dan  banyak para peternak ini belum mengetahui tentang bagaimana mengelola pakan ternak mereka. Sehingga terkadang mereka kesulitan mencari pakan ternak ketika musim kemarau hal ini yang membuat tidak memiliki persediaan makanan”. Maka Peserta KKN Kelompok 1 membantu memberikan pengetahuan kepada para petani agar tetap memiliki persediaan pakan ternak ketika musim kemarau tiba, dengan membuat Silase.


Silase merupakan pembuatan pakan ternak dengan menggunakan mikro organisme yang difermentasikan dengan tujuan pakan dapat bertahan lama dan dijadikan sebagai stok makanan bila musim kemarau tiba. Kelebihan pakan silase ini selain dapat disimpan dalam jangka waktu lama serta nutrisi dalam pakan ternak ini dapat meningkat yang membuat hewan ternak akan ternutrisi dengan lengkap.


Dukuh Tegiri 1, Purwoko menyambut  positif dan antusias mengikuti pelatihan karena, fermentasi dengan teknik silase itu sendiri belum banyak di ketahui oleh masyrakat khususnya  wilayah pedukuhan Tegiri 1, harapannya masyarakat bisa mengaplikasikan dengan baik setelah dilakukannya pelatihan ini