KKN UMBY Beri Pelatihan Public Speaking bagi Buruh Gendong Pasar Beringharjo

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) merupakan salah satu universitas yang memberikan inovasi kegiatan  Kuliah Kerja Nyata (KKN)  dengan mengusung KKN tematik di pasar tradisional. Dalam kegiatan KKN ini,   mahasiswa bukan hanya ditempatkan di sebuah desa melainkan di pasar yang tersebar di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.


Satu kelompok KKN terdiri dari beberapa jurusan sebab dengan adanya beberapa jurusan, mahasiswa dapat memperluas lingkup sosialisasi serta dapat saling berbagi ilmu dan pengalaman. Salah satu kelompok yaitu kelompok 43, sudah mengadakan kegiatan KKN Tematik di pasar paguyuban buruh gendong di Pasar Beringharjo Tengah, tepatnya di lorong sebelah ruang Sentong Endong-Endong pada hari Minggu (3/02/2019). Kegiatan tersebut meliputi pemberian Pelatihan Public Speaking bagi para buruh gendong.


Pelatihan dimulai dengan pengisian materi oleh praktisi  Imam Maulana  dan   Syahendi Okka Arsada ,  dengan tema peningkatan percaya diri untuk berbicara di depan umum.  Materi ini meliputi ice breaking "topi saya bundar", pemberian motivasi supaya percaya diri, tips dan trik berbicara di depan umum secara efektif, serta praktek secara langsung untuk berbicara di depan umum. Acara ini diselingi dengan gojekan dan  sesi tanya jawab.


“Pelatihan ini diharapkan dapat membantu para buruh gendong agar lebih percaya diri dan tidak grogi, sehingga mereka dapat mengemukakan pendapat ataupun bertanya saat mengikuti acara di forum-forum resmi. Disamping itu, manfaat lain yang dapat dirasakan dan dapat digunakan sebagai bekal ilmu untuk mereka agar mereka semakin berani dan percaya diri dalam menawarkan jasa gendong dengan senyum dan keramahan” ujar Kenan Nalendra salah satu mahasiswa KKN tematik


Acara Pelatihan Publik Speaking ini ditutup dengan ramah-tamah antara peserta KKN dengan para buruh gendong, dan berakhir dengan acara foto bersama sebagai kenang-kenangan baik bagi peserta KKN maupun bagi para buruh gendong.