Calon Guru PBI UMBY Mengajar Melalui Kidz English Camp

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) sukses menggelar kegiatan Kidz English Camp 2019, Minggu (27/01/19). Bertempat di Joglo Unta Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UMBY yang mengambil mata kuliah Praktikum Teaching Englis to Young Learners ini mengajar Bahasa Inggris kepada pengunjung Gembira Loka, khususnya anak-anak SD kelas 3 hingga kelas 6.


Sejak dibuka pada 10.00 WIB, para peserta Kidz English Camp 2019 menunjukkan antusisme yang tinggi dengan cara menyerbu stan yang ada. Sedikitnya ada 6 stan yang tersedia, masing-masing stan memiliki materi belajar dan aktifitas berbeda. Mulai dari belajar descriptive, comparative, hingga crafting dan story telling. Kegiatan ini berhasil menyita perhatian pengunjung Gembira Loka sehingga juga peserta pun terus bertambah.


“Ini sebagai tantangan bagi mahasiswa untuk melakukan sebuah proses mengajar di luar kelas. Lokasi di Kebun Binatang Gembira Loka sempat membuat pesimis untuk mendapatkan peserta karena diprediksi pengunjung yang datang hanya untuk melihat binatang-binatang, namun ternyata antusiasme peserta jauh diluar dugaan,” terang ketua panitia Kidz English Camp 2019, Shinta Dewi Jayanti.


Pujian datang dari Dewi, pengunjung asal Bantul yang  mengatakan bahwa sistem bermain sambil belajar menggunakan media yangkreatif, permainan, dan mendongeng membuat anak begitu tertarik. Antusiasme mereka belajar bahasa Inggris seolah meningkat. Ini penting bagi para orangtua, dari sini mereka akan memahami bahwa Bahasa Inggris tidaklah terlalu rumit bila belajar menggunakan media dan metode yang tepat.


Hal serupa juga disampaikan Restu Arini, M.Pd, dosen pengampu mata kuliah Teaching English to Young Learners. Menurutnya kegiatan Kidz English Camp ini adalah proses pengembangankemampuan mahasiswa dalam mengajar anak-anak. Mengajar anak-anak membutuhkan kemampuan mengajar dan persiapan materi ajar yang unik dan menarik.


“Disini mahasiswa praktik secara langsung untuk mengajar anak-anak tentang berbagai jenis topik yang berbeda. Tentu ini menjadi bekal bagi mahasiswa sebelum terjun ke dunia pendidikan yang sesungguhnya,” tambah Restu Arini.


Kegiatan English Camp sudah berjalan setiap tahunnya di berbagai lokasi yang berbeda. Tidak hanya sebagai praktikum mata kuliah namun juga merupakan implementasi dari yang sudah didapatkan mahasiswa selama menjalani perkuliahan. Kegiatan positif ini sejalan dengan visi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UMBY yaitu mewujudkan lahirnya pendidik Bahasa Inggris yang profesional, berintegritas, berwawasan kewirausahaan, dan berdaya saing global.