Pameran Proyek Komprehensif Prodi Peternakan

Potensi mahasiswa dalam berkarya dipandang perlu untuk digali dan dikembangkan. Guna meningkatkan kemampuan mahasiswa tersebut, khususnya dalam membangun proyek dalam sektor Peternakan, Program Studi Peternakan Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) gelar Pameran Karya Mahasiswa, Rabu (09/01/19).


Berkaitan dengan hal tersebut, dosen Prodi Peternakan mewadahi dalam mata kuliah "Proyek Komprehensif" yang diambil oleh mahasiswa tingkat atas atau semester akhir. Selama satu semester mahasiswa Peternakan mendirikan rancangan perusahaan Peternakan meliputi komoditas ternak sapi, kambing, domba, ayam, dan kelinci. Dimulai dari komoditas setiap ternak, skala perusahaan, alur produksi dari hulu hingga ke hilir serta analisa ekonomi.


Pada akhir semester, mahasiswa ini dibagi dalam kelompok dan telah merencanakan 13 perusahaan Peternakan untuk dipamerkan di Lobby Fakultas Agroindustri UMBY. Kesempatan pameran kali ini bertemakan "Peran Mahasiswa Peternakan Menghadapi Era Industri 4.0".


“Karya dari mahasiswa Peternakan ini memberikan peluang untuk berfikir kritis untuk membangun usaha setelah menjadi sarjana, memfasilitasi para investor untuk berinvestasi dan memberikan lapangan pekerjaan skala industri peternakan,” ujar Ir. Nur Rasminati, MP., Kaprodi Peternakan.


Adapun nama perusahaan dalam kelompok-kelompok tersebut, yakni CV. HKB Group, PT. Alim Rugi Farm, PT. Green Giant Farm, PT. Jaya Makmur, PT. Saranghae Farm, PT. Great Milk and Agrotourism, PT Dombastis Group, PT. Super Java Chicken, CV. Makmur Perkasa Farm, PT. Mapan Sejahtera, PT. Rabbit Home, PT. Ball Food Industry, dan CV.Royal Farm.