Gerakan Back to School Program oleh PBI UMBY

Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mempersembahkan “Back to School Program” yang dilaksanakan di SD Negeri Demakijo 1 Sleman, Selasa, 8 Januari 2019. Program ini diinisiasi oleh Valentina Dyah Arum Sari, S.Pd., M.Hum. dosen Pendidikan Bahasa Inggris dengan  mengimplementasikan materi perkuliahan TEYL (Teaching English for Young Learners) dan dengan terjun langsung ke lapangan.


Kepala SD Negeri Demakijo 1 menyambut baik program ini. “Kami siap menyediakan fasilitas dan sarana dalam hubungannya dengan kerjasama kampus.” Tutur Tangsi Sasmito, M.Pd, Kepala SD tersebut.


Lebih lanjut Pak Tangsi mengatakan  “Kami senang sekali dengan datangnya program ini, karena  anak-anak bisa menerima ilmu yang disampaikan dengan cara menyenangkan dan berbahasa Inggris, sehingga bisa meningkatkan semangat dan  prestasi belajar, bisa mendorong anak-anak agar semakin giat belajar. Kami mengharapkan program ini berkelanjutan untuk kemajuan anak didik.”  


Ada 3 dosen PBI (Valentina Dyah Arum Sari, S.Pd., M.Hum., Lulu’il Maknun, S.Pd., M.Pd. dan Elysa Hartati, S.Pd., M.Pd.) yang terlibat dalam kegiatan ini dan 12 mahasiswa PBI. Dalam kegiatan tersebut diisi dengan menyanyi, bercerita, bermain dan mewarnai yang disampaikan dengan bahasa Inggris dan metode yang menyenangkan. Mahasiswa bisa mempraktikkan langsung ilmunya dengan mengajar siswa-siwa SD.


Selanjutnya akan dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) untuk keberlanjutan program ini antara program studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan pihak sekolah supaya kontribusi nyata dari perguruan tinggi bisa diimplementasikan di sini yang tak lepas dari Tridharma Perguruan Tinggi.


Kegiatan ditutup dengan penyerahan media pembelajaran oleh Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris kepada Kepala SD Negeri Demakijo 1.