Meraup Keuntungan Berlipat dari Medsos

Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi semakin memudahkan siapapun dalam menjalani kehidupan, termasuk menjalani aktivitas bisnisnya. Bahkan, dengan mengoptimalkan media sosial atau medsos, seseorang juga dapat meraup keuntungan berlipat, serta mendapatkan penghasilan.


Kaprodi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Anief Fauzan Rozi, S.Kom., M.Eng., menyampaikan hal itu saat membuka talkshow ‘Millenial Minded Trends for 2018’ di Kampus UMBY, Sabtu (24/11). Acara menampilkan Suryadin Loaddang (Founder Dosen Jualan) dan Bram Darmawan (Founder Jogjavidgram, Content, Youtuber), dengan moderator M. Taufikurrohman.


Dikatakan, talkshow bertajuk ‘Kreativitas Business in Media Sosial Trends’ sengaja dikemas sebagai sarana belajar dan tukar wawasan bagaimana memanfaatkan medsos secara positif. Menurutnya, pesatnya teknologi informasi, seperti medsos harus disikapi sebagai peluang, sekaligus tantangan.


“Salah satu peluang yang bisa didapat adalah sebagai sarana meraup keuntungan atau penghasilan dengan aplikasi medsos tersebut, bukan hanya sebagai pemakai pasif. Apalagi, selama ini masih banyak orang asyik dengan medsos, namun tidak mendapatkan penghasilan dari aktivitas medsos tersebut,” ujarnya.


Sedangkan Bram Darmawan mengatakan, siapapun kreator sebelumnya pernah mengalami kegagalan atau memiliki karya jelek. Namun mereka mau belajar dan pantang menyerah, sehingga memiliki karya berkualitas, serta mampu meraup sukses dengan karyanya. Yang penting niat dan kemauan keras untuk berhasil menjadi kunci sukses seseorang dalam berkarya di era digital ini.


“Katakanlah seseorang tidak mempunyai peralatan pendukung untuk berkarya, semisal kamera, namun karena punya tekad kuat untuk bisa berkarya dengan kamera tentu ada jalan. Atau tidak bisa mengoperasikan aplikasi handphone, namun karena ada semangat belajar, akhirnya bisa dan mahir juga,” paparnya.


 


(Sumber : Kedaulatan Rakyat; Minggu, 25 November 2018)