Seminar Matematika “Etnomatematika : Matematika Produk Budaya”

Seminar Etnomatematika : Matematika Produk Budaya diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Minggu (25/11/18). Kegiatan yang bertempat di Ruang Seminar Kampus 1 ini bekerjasama dengan Ethnomath Association guna memperingati Hari Guru Nasional.


Acara yang dibuka oleh wakil dekan FKIP, Agustinus Hary Seriawan, S.Pd, MA., menghadirkan pembicara Prof. Dr. Marsigit, M.A., presiden Ethnomath Association dan Direktur Pasca Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) serta   Dr. Dafid Slamet Setiana, M.Pd. yang juga penggiat Etnomatematika Indonesia dan sebagai dosen Pendidikan Matematika Universitas Taman Siswa  (UST) Yogyakarta.


“Inovasi pembelajaran Matematika perlu terus dilakukan selaras perkembangan zaman, khususnya di era milenial ini. Oleh karena itu, seminar ini bertujuan untuk mengenalkan salah satu inovasi tersebut kepada guru dan calon guru Matematika melalui etnomatematika,” tutur Heru Sukoco S.Si, M.Pd., ketua panitia dalam sambutannya dihadapan lebih dari 150 peserta baik dosen, mahasiswa dan masyarakat umum. Heru Sukoco menambahkan, etnomatematika merupakan pendekatan pembelajaran Matematika berbasis budaya lokal.


Dalam seminar, Dr. Dafid Slamet Setiana, M.Pd., mengungkapkan cara mempelajari Matematika dengan sudut pandang etnomatematika dan keunggulan-keuanggulannya bagi siswa. Selanjutnya, Prof. Dr. Marsigit, M.A. menjelaskan cara mengembangkan pembelajaran berbasis etnomatematika (seperti untuk silabus, RPP, modul, LKS) secara detail melalui kajian dan hasil-hasil penelitian. Pada kesempatan ini juga, program studi Pendidikan Matematika UMBY mendeklarasikan Prof. Dr. Marsigit, M.A. sebagai Bapak Etnomatematika Indonesia.