Deklarasi Sumpah Pemuda pada Makrab Fakultas Psikologi UMBY

Sleman, 27 November 2018. Fakultas Psikologi Univertsitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan malam keakraban (makrab) yang diikuti oleh lebih dari 700 mahasiswa baru di komplek Candi Prambanan, Sleman. Acara ini diselenggarakan bertujuan untuk menyatukan dan menjalin tali persaudaraan yang baik antara mahasiswa. Acara yang menjadi program kerja Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMF) Psikologi UMBY.

Dalam rangka penyambut hari sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober, maka diadakanlah deklarasi sumpah pemuda pada sabtu malam minggu (27/10). Pembacaan naskah sumpah pemuda yang menyatakan satu Nusa, satu Bangsa dan satu Bahasa dilakukan dengan nuasa semangat pemuda pemudi untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Pembacaan naskah sumpah pemuda diiringi lagu kebangsaan nasional dan menyalakan api unggun yang diartikan sebagai semangat yang pembara untuk terus membangun dan memberikan prestasi terbaik untuk Indonesia.

Tidak hanya sekedar menjalin persatuan dan kesatuan, namun menyadarkan semua pemuda bahwa kita adalah pemuda pemudi Indonesia yang memiliki peranan penting dalam perubahan bangsa. Maka dari itu sebagai mahasiswa baru, harus ikut membangun Indonesia dengan belajar sambal berkarya. Karena menjadi pemuda harapan bangsa adalah sebuah cita yang mulia yang harus dimiliki setiap pemuda Indonesia.

Acara yang dibuka oleh wakil dekan Fakultas Psikologi bapak Anwar, M.Psi, psikolog, dalam sambutannya mengatakan “Mahasiswa UMBY yang terdiri dari 34 Propinsi di wilayah Indonesia harus berperan aktif dalam menjaga keutuhan bangsa, dan bisa andil dalam melaksanakan pembanguan, dengan menjadi mahasiswa yang berbudi luhur dan berprestasi diberbagai bidang”.

“Jujur merinding sih pas ada deklarasi sumpah pemuda dengan bawa-bawa obor dan api unggun. Berasa banget semangat pemudanya memancar, senang banget dengan acaranya” ungkap Fira, salah satu peserta dengan penuh bangga.