Mahasiswa UMBY Ikuti KKN Internasional ke Malaysia

Sebanyak 13 mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) internasional Negeri Jiran Malaysia bekerja sama dengan Meritus University. 


Selama beberapa minggu hingga akhir Agustus 2018, para mahasiswa mengikuti berbagai program bertajuk Entrepreneurship and Community Empowerment. 


Direktorat Kerjasama Dr. Bambang Nugroho menyampaikan KKN Internasional ini bertujuan meningkatkan wawasan dan keterampilan  mereka khususnya pada lingkup internasional. Program KKN Internasional menurut dia diikuti 13 mahasiswa, dimana 12 mahasiswa berasal dari program studi Psikologi dan 1 mahasiswa berasal dari program studi Manajemen. 


“Di Malaysia para mahasiswa belajar prpgram enterpreneurship. Secara langsung mereka juga belajar dari MATRADE yang merupakan singkatan dari Malaysia External Trade Development Corporation, yakni agen promosi perdagangan nasional Malaysia yang memiliki misi membangun dan menggalakkan eksport Malaysia ke dunia,” ungkapnya pada wartawan Selasa (4/9/2018). 


Salah satu yang dipelajari dari Malaysia adalah keberhasilan mereka mengekspor mobil Proton yang cukup berhasil di negara Amerika Latin seperti Brazil. “Para mahasiswa mempelajari dan harapannya nanti bisa dimodifikasi dan diterapkan di Indonesia, ada pengalaman dan ilmu yang didapatkan secara langsung,” sambungnya. 


Tak hanya itu, pada program entrepreneurship para mahasiswa diminta untuk membuat project mengenai entrepreneurship yang bertema handicraft, tourism, atau food and beverages. Di sisi lain, para mahasiswa juga menampilkan tarian Mangastuti yang dilatihkan oleh UKM Sekar Buana UMBY. (BANTUL, KRJOGJA.com)