KKN UMBY Gelar Psikoedukasi dan Cek Kesehatan Gratis Bagi Paguyuban Becak Pasar Beringharjo

Kegiatan kuliah kerja nyata atau sering disebut dengan istilah KKN merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Universitas Mercu Buana Yogyakarta merupakan salah satu universitas yang memberikan inovasi kegiatan KKN bagi kelas karyawan dengan mengusung tema KKN Tematik, sebab Kegiatan kuliah kerja nyata mahasiswa bukan ditempatkan di sebuah desa tetapi di pasar yang tersebar di Provinsi DIY.


Satu angkatan universitas dibagi menjadi beberapa kelompok untuk disebar di beberapa pasar di Yogyakarta. Satu kelompok KKN terdiri dari beberapa jurusan sebab dengan adanya beberapa jurusan mahasiswa dapat memperluas lingkup sosialisasi serta dapat saling berbagi ilmu dan pengalaman. Salah satu kelompok yaitu kelompok 57, sudah mengadakan kegiatan dengan paguyuban tukang becak Pasar Beringharjo di Pendopo Pasar Beringharjo bagian timur pada hari Sabtu (11/8) kemarin.


Kegiatan tersebut meliputi pemberian psikoedukasi dan cek kesehatan. Psikoedukasi dimulai dengan pengisian materi oleh Dwi nurul baroroh, M. Psi. dengan tema senyum dan emosi serta pembagian Doorprize untuk tukang becak yang aktif bertanya. Materi ini meliputi apa saja pengaruh senyum dan emosi pada kehidupan, bagaimana pengelolaan emosi dan senyum agar hidup lebih tenang, dan ditutup dengan sesi relaksasi.


Materi ini diharapkan sangat membantu para tukang becak agar lebih stabil emosinya dan lebih terkontrol dalam menghadapi pekerjaan sehari-hari. Disamping itu, manfaat lain yang dapat dirasakan dapat digunakan sebagai bekal ilmu untuk mereka agar mereka semakin kuat dan tangguh dalam menghadapi persaingan untuk mendapatkan penumpang di Pasar Beringharjo.


Sembari pengisian materi, beberapa anggota kelompok KKN mengarahkan para tukang becak untuk mulai pengecekan kesehatan sesuai dengan urutan absensi kehadiran. Cek kesehatan yang dilakukan meliput cek gula darah dan asam urat.


Cek kesehatan bermanfaat untuk memberikan informasi kepada peserta kondisi kesehatan dan bagaimana cara agar sadar bahwa kesehatan penting untuk menunjang pekerjaan sehari-hari mereka. Selain itu sebagai bentuk pengabdian mahasiswa untuk memberikan informasi penting terkait kesehatan tanpa dipungut biaya bagi peserta