Gali Ilmu Psikologi Dengan Cara Psychotour

Psychotour, kembali digelar Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Psikologi, Minggu-Jumat (29 Juli – 3 Agustus 2018). Kegiatan ini telah digelar untuk kali keduanya. Pada kesempatan ini memberangkatkan lebih dari 50 peserta, dengan tujuan ke PT.Campina, Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang, Yayasan Gaya Dewata Bali, dan Pabrik Kata-Kata Jogger.


Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk menyalurkan serta mengembangkan minat mahasiswa dengan cara melakukan perjalanan ke berbagai tempat agar mendapatkan pengetahuan lebih lanjut tentang lingkup psikologi. Baik psikologi bidang klinis, psikologi industri & organisasi, maupun forensik. Sehingga harapannya kegiatan ini dapat meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang penerapan psikologi secara nyata di dunia industri.


Kunjungan pertama mahasiswa di PT. Campina yang beralamat di Surabaya ini mempelajari pengetahuan dalam bidang psikologi industri dan organisasi. Kedua, menuju ke Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang, mereka belajar terkait pengetahuan dalam bidang psikologi klinis. Selain itu, para mahasiswa pun dapat melakukan observasi gangguan kejiwaan kepada pasien yang ada disana. RSJ ini merupakan Rumah Sakit Jiwa terbesar di Asia Tenggara dan satu-satunya RSJ yang memiliki Museum Kesehatan Mental. Selanjutnya, belajar psikologi klinis juga bersama Yayasan Gaya Dewata Bali. Yayasan ini merupakan organisasi yang bergerak di bidang kesehatan seksual khususnya dalam penanggulangan infeksi menular seksual HIV dan AIDS serta isu-isu seksualitas lainnya di kalangan lesbian, gay, biseksual, dan transgender. Terakhir, kunjungan ke Pabrik Kata-Kata Joger, pada kesempatan itu mahasiswa dibekali motivasi-motivasi agar lebih berusaha untuk tidak mudah menyerah apabila terjun dalam dunia industri yang sesungguhnya.