Mahasiswa FKIP Terjun ke Sekolah

Mahasiswa Fakultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) turun ke sekolah-sekolah untuk mempraktikkan ilmu mengajar mereka. Kompetensi mengajar tersebut sangat penting dilakukan agar mereka memiliki bekal saat menjadi tenaga pendidik nantinya.


Karenanya Unit Program Pengenalan Lapangan (UPPL) FKIP Universitas Mercu Buana Yogyakarta (FKIP-UMBY) secara reguler memfasilitasi mahasiswa dengan praktik pembelajaran langsung bagi mahasiswanya. Diantaranya dalam bentuk pengajaran mikro maupun terjun langsung ke sekolah-sekolah mitra.


Kali ini, Angkatan V ini UPPL UMBY menerjunkan 41 mahasiswa praktikan ke sekolah-sekolah yang berada di wilayah DIY. Yakni SMP Negeri 1 Sedayu, SMP Negeri 2 Godean, SMP Negeri 1 Semanu, SMP Negeri 4 Yogyakarta, SMA Negeri 1 Sedayu dan SMA Negeri 1 Seyegan.


“Untuk mencetak lulusan yang unggul, FKIP bersama Tim UPPL telah merancang satu program untuk memberikan kompetensi yang mumpuni sebagai calon guru profesional. Program Pengenalan Lapangan (PPL) ini sesuai namanya bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa bagaimana merancang proses pembelajaran sampai mengevaluasi pembelajaran tersebut,” papar Dekan FKIP UMBY, Ir Wafit Dinarto MSi disela pembekalan serta pelepasan mahasiswa PPL di kampus setempat, Sabtu (21/07/2018).


Sementara Elysa Hartati SPd MPd, koordinator UPPL UMBY mengungkapkan, target yang diharapkan tercapai dari kegiatan PPL ini adalah terbentuknya pribadi mahasiswa FKIP sebagai calon guru yang memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial.


“Hal ini sesuai visi dan misi FKIP UMBY,” jelasnya.


 


Sumber : https://www.koranbernas.id/mahasiswa-fkip-terjun-ke-sekolah/