Universitas Mercu Buana Yogyakarta Gelar Seminar Perunggasan

Himpunan Mahasiswa Program Studi Peternakan (Himaster) Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menggelar Seminar Nasional Perunggasan 2018. Seminar mengangkat tema Sektor Perunggasan ATM Hidup Petani.


Kegiatan itu menghadirkan pembicara-pembicara mulai Direktur Pembibitan dan Produksi Ternak Ditjen PKH Kementerian Pertanian, Ir. Sugiono, MP yang juga merupakan Alumni Fakultas Agroindustri UMBY sampai Ketua Perhimpunan Insan Perungasan Indonesia (Pinsar), Singgih Hanuratmoko. Selain itu, ada Sekjen Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional (Gopan), Sugeng Wahyudi, dan Asisten Vice President Poultry Breeder PT Charoen Pokphand Indonesia, Jusi Jusran, yang turut mengisi seminar.


Seminar yang dibuka langsung oleh Rektor Dr. Alimatus Sahrah, yang memberikan apresiasinya atas kepedulian yang diberikan alumni-alumni UMBY khususnya kepada Sugiono untuk memotivasi mahasiswa peternakan. Termasuk, dalam menyukseskan seminar nasional perunggasan 2018 ini. Ia merasa, seminar ini sekaligus jadi sarana mahasiswa-mahasiswa memberi sumbangsih kepada bangsa. Karenanya, Alimatus berharap, seminar nasional ini mampu menghadirkan semangat dalam menjadikan perunggasan unggul.


"Tetap mohon bimbingan supaya peternakan bisa menjadi unggulan universitas dan Indonesia secara keseluruhan," kata Alimatus di Ruang Seminar Kampus 1 UMBY.


Direktur Pembibitan dan Produksi Ternak Dirjen PKH Kementan mengatakan, seminar akan memberi kesempatan mahasiswa peternakan umumnya dan peternak khususnya. Terutama, keingintahuan mengenai kondisi umum peternakan sektor perunggasan.


"Seminar Nasional Perunggasan ini memberikan semangat tersendiri bagi para peternak tentang bagaimana besar keuntungannya dalam prospek usaha ternak unggas," kata Sugiono di dampingi ketua panitia, Maola.


Ia menekankan, bila sukses dalam beternak di sektor unggas, akan menjadikan ATM hidup sendiri bagi para peternak. Sebab, lanjut Sugiono, sektor unggas merupakan peran penting dalam kebutuhan masyarakat di Indonesia.


Seminar di pandu oleh moderator, FX Suwarto yang juga dosen senior di program studi peternakan. Seminar sendiri dihadiri lebih dari 250 peserta yang berasal dari masyarakat umum, mahasiswa-mahasiswa UMBY, dan perwakilan-perwakilan mahasiswa Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (Ismapeti) dan alumni-alumni khususnya program studi Peternakan UMBY. Mercu Buana...Lebih Baik