UMBY Adakan Pelatihan Sablon Kemasan Bagi UKM

UMBY melalui Program Kemitraan pada Masyarakat (PKM) menyelenggarakan program penyuluhan dan pelatihan peningkatan kualitas kemasan produk kerajinan bagi UKM di Desa Gamplong. Audita Nuvriasari, SE., MM., selaku ketua PKM menjelaskan bahwa tujuan program adalah untuk meningkatkan pemahaman pengrajin terhadap pentingnya kemasan sebagai sarana pendukung pemasaran produk. Disamping itu, kegiatan ini juga melatih pengrajin untuk mampu memproduksi kemasan sendiri yang lebih menarik. Mengingat sebelumnya pengrajin hanya menggunakan kantong plastik biasa tanpa adanya identitas UKM yang melekat pada kemasan tersebut.


Kegiatan pelatihan yang diberikan berupa pelatihan menyablon kemasan berbahan plastik yang dilengkapi dengan identitas UKM. Pelatihan dibimbing langsung oleh tenaga ahli dibidang sablon dan dilakukan secara bertahap dari proses pembuatan desain hingga penyablonan pada media yang ada. Pelatihan yang diselenggarakan pada tanggal 26 – 27 Mei tersebut mendapat respon yang sangat positif dari peserta yang secara langsung mempraktekkan membuat kemasan untuk produk kerajinan yang dihasilkan. Pada kesempatan tersebut, ketua PKM didampingi oleh Drs. Raswan Udjang, M.Si., selaku anggota, menyerahkan bantuan kepada UKM berupa satu set peralatan sablon lengkap kepada paguyuban pengrajin di Desa Gamplong.


Waludin, selaku wakil dari Paguyuban Pengrajin di Desa Gamplong menjelaskan bahwa program ini sangat bermanfaat dimana pengrajin dapat membuat kemasan produk yang lebih baik dan tentunya menarik  dari sebelumnya dan secara langsung dapat memproduksi kemasan sendiri.