UMBY Kembangkan Variasi Produk Kerajinan Di Moyudan Sleman

Produk kerajinan berbahan serat alam menjadi salah satu produk andalan yang dihasilkan oleh pengrajin di Desa Gamplong, Sumberrahayu, Moyudan, Sleman yang banyak diminati oleh konsumen. Guna meningkatkan daya saing produk maka tim program kemitraan pada masyarakat (PKM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) program studi Manajemen, yakni Audita Nuvriasari, SE, MM., dan Drs. Raswan Udjang, M.Si melaksanakan program penyuluhan dan pelatihan inovasi produk kerajinan pada tanggal 21-23 Mei 2018.


Program penyuluhan ditujukan untuk meningkatkan kesadaran pengrajin akan pentingnya inovasi produk guna meningkatkan daya saing. Pelatihan yang diberikan berupa seni decoupage yang diaplikasikan pada hasil kerajinan serat alam seperti tas, dompet, hiasan dinding, dan lain-lain sehingga memiliki corak yang lebih menarik dan berkelas. Disamping itu juga diberikan pelatihan untuk memanfaatkan limbah sisa produksi berupa kain tenun dan serat alam yang dimodifikasi menjadi aneka aksesoris seperti kalung, bando, bros, dan lain-lain.  


Audita Nuvriasari, SE, MM selaku ketua program, menjelaskan bahwa tujuan program ini adalah untuk meningkatkan nilai jual produk kerajinan yang selama ini telah diproduksi oleh pengrajin di Desa Gamplong melalui pengembangan varian produk. Dengan adanya produk yang lebih variatif akan lebih menarik minat konsumen untuk membeli produk kerajinan sehingga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan usaha.