UMBY dan Tribun Jogja Sepakat Jalin Kerjasama

Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) tingkatkan kualitas akademik melalui kerjasama dan dengan Harian Tribun Jogja. Ke depannya, akan banyak kegiatan yang dilakukan dari kedua belah pihak, misalnya program magang di Tribun Jogja, hingga undangan menjadi dosen tamu di Mercu Buana.


 Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia, UMBY Dr Heri Budianto mengatakan, dari apa yang dipelajarinya selama ini salah satu cara untuk meningkatkan mutu akademik adalah dengan memperkuat kerja sama di media massa. Terutama yang saat ini tengah berkembang adalah media online. Dengan kerja sama ini ia pun berharap lulusannya mampu bersaing di dunia kerja nantinya.


"Dari kerja sama ini yang penting adalah imlpementasi. Contoh bila kita diberi ruang untuk mengisi rubrik ya harus dimanfaatkan. Malau kalau tidak diisi," ucapnya Senin (12/2/2018). Menurutnya, pintar di sisi akademik saja tidak cukup, dan harus diimbangi dengan pengalaman praktik di lapangan. Para mahasiswa harus paham tantangan industri komunikasi, persaingan global. "Pintar secara akademis saja tidak cukup. Yang tak kalah penting adlaah mental dan kepribadian mereka. Mereka harus kuat," tambahnya.


Dari pantauannya, anak muda zaman sekarang sudah tidak lagi mengonsumsi media mainstream, karena waktu mereka habis di media sosial. Banyak juga pers kampus yang mati suri. "Kampus dan industri harus memahami bagaimana agar kita bisa kolaborasi atasi sikap dan keadaan ini," tandasnya.


Sementara itu Pimred Tribun Jogja, Ribut Raharjo mengapreasiasi kerja sama dengan UMBY ini. "Kami sambut dengan semangat. Kehadiran kami bisa turut serta dalam meningkatkan pendidikan. Kami dukung kerjasama ini, dalam bidang apa saja," tandasnya


Sebelum penandatangan MoU dengan Tribun Jogja, Fakultas Ilmu Komunikasi UMBY pada pagi harinya juga telah ditandatangani kerjasama dengan Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta.