Psycho Tour, Cara Belajar Mahasiswa Psikologi UMBY

Belajar tentu tidak hanya terpaku di atas meja dan dalam ruang kelas. Konsep belajar yang berbeda dari Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Psikologi melalui kegiatan Psycho Tour 2018 pada 29 Januari – 3 Februari 2018.


Psycho tour merupakan wadah pengembangan wawasan akademik yang diharapkan mampu memberikan model pengajaran akademik yang baru khususnya di bidang penerapan Psikologi  serta untuk menyegarkan dan menggali kembali potensi-potensi yang dimiliki oleh mahasiswa itu sendiri. Sehingga harapannya kegiatan ini dapat meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang penerapan psikologi secara nyata di dunia industri.


Sebanyak 52 mahasiswa mengikuti Psycho Tour ke Jawa Timur di Dinas Psikologi TNI Angkatan Laut (Dispsial) dan Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang, selain itu mereka juga ke Bali di PT Sinar Sosro.


Kunjungan mahasiswa di Dinas Psikologi TNI Angkatan Laut bermaksud untuk mengetahui peran ilmu psikologi dalam menangani permasalahan yang ada di lingkup TNI Angkatan Laut. Selanjutnya, di Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang, mereka belajar terkait program unggulan dari RSJ ini. Program unggulan tersebut yakni psikogeriatri yang merupakan program pelayanan bagi lanjut usia secara umum dan pelayanan kesehatan secara khusus. RSJ ini merupakan Rumah Sakit Jiwa terbesar di Asia Tenggara dan satu-satunya RSJ yang memiliki Museum Kesehatan Mental. Kemudian, belajar di PT Sinar Sosro, pada kesempatan tersebut mahasiswa diperkenalkan berbagai produk yang dikeluarkan oleh PT Sinar Sosro, baik itu pengolahan produk maupun pendistribusian produknya. Terakhir, di Yayasan Gaya Dewata Bali. Yayasan ini merupakan organisasi nirlaba yang bergerak di bidang kesehatan seksual khususnya dalam penanggulangan infeksi menular seksual HIV dan AIDS serta isu-isu seksualitas lainnya di kalangan lesbian, gay, biseksual, dan transgender.