Pertemuan Pimpinan PTS Se-DIY di UMBY

Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-DIY menggelar koordinasi rutin dalam Forum Komunikasi Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI), Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (APTISI), dan Kopertis wilayah V DIY, di Kampus 3 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Jalan Ring Road Utara, Condongcatur, Depok, Rabu (24/1/2018). Koordinasi ini bertujuan sebagai sarana saling berkoordinasi dan berbagi informasi antara Kopertis, Aptisi, dan ABPPTSI, dengan para pimpinan PTS.


Hadir pemateri bagi lebih dari 100 pimpinan PTS se-DIY  antara lain Koordinator Kopertis Wilayah V DIY, Dr. Bambang Supriyadi, CES., DEA., Rektor UMBY, Dr. Alimatus Sahrah, M.Si., MM., Kepala Bidang P2 Humas Kanwil Ditjen Pajak DIY, Sanityas Jukti Prawatyani, Ak., MBT., serta Komandan Resimen Mahasiswa Mahakarta, Purwanta, S.IP., MM., dengan di moderatori oleh Ketua APTIS, Dr Kasiyarno M. Hum.


Bambang Supriyadi menyampaikan terkait dengan pertumbuhan program studi (prodi) dan PTS yang ada di DIY.  Hingga akhir 2017 tercatat ada 107 PTS dan 599 prodi, yang terbagi dalam jenjang S1 sebanyak 350, S3 sebanyak lima, S2 sebanyak 67, D4 sebanyak delapan, D3 sebanyak 129, Profesi profesi 28, dan D1 sebanyak tujuh.


“Tantangan PTS pun makin kompleks. Hal tersebut tidak hanya terkait dengan adanya rencana Kemenristek mengubah Kopertis menjadi L2 Dikti atau Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi, tetapi pengelolaan PTS haruslah semakin baik secara kualitas maupun kuantitas, sehingga peminat studi di PTS akan terus meningkat,” ujar Bambang.


Sementara itu, Dr. Alimatus Sahrah, M.Si., MM., Rektor UMBY, memaparkan terkait perkembangan UMBY di tengah pertumbuhan PTS yang ada di DIY. Hal itu dibuktikannya dengan kenaikan peringkat umum menurut Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti).


“Tahun 2016 peringkat umum UMBY berada di peringkat 714, dan tahun 2017 naik diurutan 150 dari lebih 3500 PTS maupun PTN yang ada di Indonesia,” ungkap Alimatus. Mercu Buana...Lebih Baik