Tanggulangi Penyalahgunaan MedSos, Prodi BK Selenggarakan Seminar

Teknologi dan Media Sosial sudah menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan bagi sebagian orang, khususnya remaja. Sayangnya, sebagian remaja kurang memahami etika dan aturan dalam menggunakan sosial media. Hal tersebut berakibat pada terjadinya banyak kasus penyalahgunaan media sosial. Dampak penyalahgunaan sosial media sudah sangat mengkhawatirkan, mulai dari sekedar ketergantungan, hingga beragam kasus pelanggaran moral bahkan kriminal.


Sejalan dengan tagline Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), “Angudi Mulyaning Bangsa”, program studi Bimbingan Konseling (BK), memiliki kepedulian dan keinginan untuk berkontribusi terhadap fenomena penyalahgunaan media sosial yang semakin merebak dikalangan remaja. Menanggapi fenomena tersebut, program studi BK UMBY mengadakan Seminar Nasional yang berjudul “Kerjasama Guru Bimbingan dan Konseling dan Orang tua dalam Menghadapi Penyalahgunaan Media Sosial pada Remaja”, Sabtu (23/12/17).


Seminar menghadirkan pembicara Prof. Dr Syamsu Yusuf LN, M.Pd., (Guru Besar BK UPI Bandung), Dr. Suwarjo, M.Si., (Pakar BK dan Dosen BK UNY), serta Munsif Sahirul Alim, M.Si, M.Eng (Kepala Seksi Pengkajian dan Penyiapan Informasi Publik Dinas Kominfo DIY). Para pembicara memaparkan berbagai bentuk kenakalan remaja, penyimpangan media sosial, cara bersosial media yang baik, serta penanganan yang bisa dilakukan oleh guru BK dan orang tua dalam menghadapi penyalahgunaan media sosial pada remaja.


Seminar yang diadakan sebagai salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-31 UMBY ini dihadiri lebih dari 300 peserta yang terdiri atas mahasiswa, guru BK, serta masyarakan umum. Para peserta mengaku sangat terbantu dengan kegiatan seminar ini. Harapannya, kegiatan serupa dapat diadakan secara rutin dan khususnya para guru menginginkan adanya kerjasama dengan UMBY khususnya dalam layanan Bimbingan dan Konseling. Mercu Buana...Lebih Baik