Lomba Tonti SMA/SMK, Semarakkan Dies Natalis KE-31 UMBY

Lomba Tonti tingkat SMA/SMK/sederajat se-DIY digelar Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) guna peringati Dies Natalis ke-31 di Kampus I UMBY, Minggu (26/11). Kegiatan yang dibuka oleh Rektor UMBY, Dr. Alimatus Sahrah, M.Si.,MM., pagi itu diikuti sebanyak 16 peleton.


“Selain untuk branding UMBY ke siswa SMA/SMK/sederajat, kami menggelar ini karena berkaitan dengan tema Dies, yakni Membangun Karakter Generasi Muda Sebagai Pribadi yang Unggul, Mutu, dan Bermanfaat (UMB),” ujar Zainal Wafa, S.Kom., M.Kom, Ketua Panitia Lomba Tonti.


“Meskipun cuaca sangat panas terik dan dilanjut dengan guyuran hujan deras, para peserta lomba tetap menunjukkan kegigihannya,” tambah Zainal.


Keenam belas peleton tersebut menunjukkan berbagai keahlian di tiga pos. Tiap peleton harus menyelesaikan materi lomba di masing-masing pos. Di pos satu, mereka diminta untuk menampilkan gerakan dasar. Kemudian, di pos dua, mereka diminta untuk melakukan gerakan langkah perlahan, langkah tegap, buka tutup barisan dan hadap kanan, kiri jalan. Sementara di pos tiga, mereka memperlihatkan kepiawaian mereka menguasai formasi berjalan, melintang kanan dan kiri hingga memeriksa kerapian.


Lomba tonti yang baru pertama digelar oleh UMBY ini memiliki keriteria dalam menentukan pemenang. Sehingga panitia menggandeng perwakilan dari TNI, POLRI, dan DIKPORA sebagai dewan juri, selain dari panitia sendiri. Penilaian dalam lomba peleton inti di antaranya adalah ketegasan komandan peleton (danton) dalam memimpin, penguasaan materi, dan penguasaan lapangan, kerapian, keindahan gerak, kekompakkan, dan tingkat kesulitan.


Keluar sebagai pemenang dalam perlombaan ini yakni peleton inti dari SMA 1 Jetis Bantul, disusul SMA 1 Sewon Bantul, dan SMK N 3 Yogyakarta. Sedangkan untuk komandan peleton terbaik jatuh kepada komandan dari peleton SMK N 3 Yogyakarta. Mercu Buana...Lebih Baik