Mahasiswa Psikologi UMBY, Jadi Duta GenRe Nasional 2017

Kembali, mahasiswa Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengukir prestasi di bidang non akademik. Yakni Diaz Fahmi Zakiy Susilo, mahasiswa angkatan 2015 yang baru-baru ini memperoleh predikat Harapan I Duta GenRe Jalur Masyarakat Indonesia 2017. Diaz Fahmi, mengikuti ajang ini karena ia merupakan pemenang pertama Duta GenRe Jalur Masyarakat dari provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, sehingga ia melaju ke tingkat nasional.


Ajang ini digelar oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam Penganugerahan Apresiasi Duta Generasi Berencana (GenRe) tingkat nasional 2017 pada Kamis (26/10/17) bertempat di Institut Seni Indonesia (ISI), Kota Padang Panjang, Sumatera Barat. Pemilihan Duta Genre sendiri diikuti oleh perwakilan Duta GenRe dari tiap provinsi yang ada di Indonesia. Peserta berasal dari 34 provinsi dengan total peserta 136 orang, yang terbagi dalam 2 kategori, yakni 68 orang jalur masyarakat dan 68 orang jalur pendidikan.


Kompetisi ini sudah berlangsung sejak 22 Oktober 2017 yang dibuka langsung oleh Kepala BKKBN, Surya Chandra Surapaty. Selama empat hari proses karantina, seluruh peserta menjalani berbagai kegiatan. Mereka mendapatkan pembekalan materi, bakti duta untuk negeri, tes psikologi, tes wawancara, tes presentasi poster dan program kerja, serta outbond.


“Saat penilaian presentasi program, saya memaparkan beberapa karya inovatif yang saya kemas dalam sebuah tagline GenReGenReClub. Tagline ini berisi tentang game edukasi GenRe, permainan tradisional Sundamanda GenRe, dan Lagu Ayo Jadi GenRe yang saya ciptakan,” cerita Diaz saat ditemui di Fakultas Psikologi UMBY usai mengikuti ajang ini.


Pada tahap akhir peserta diberikan pertanyaan-pertanyaan seputar pengetahuan mereka tentang Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan Permasalahan remaja saat ini. Pertanyaan yang diajukan juri menguji wawasan dan kepribadian para finalis. Dewan juri dalam penganugerahan terdiri dari Walikota Padang Panjang, Sekretaris Utama BKKBN, dan Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN. 


Para Duta GenRe ini diharapkan menjadi motivator Program BKKBN dalam mensosialisasikan kepada masyarakat tentang kependudukan, kesehatan reproduksi, penyiapan kehidupan berkeluarga, pembangunan keluarga melalui Pusat Informasi Konseling (PIK) remaja yang ada di masyarakat, sekolah dan perguruan tinggi, agar terhindar dari pernikahan dini, seks bebas, narkoba, dan dapat mengurangi kenakalan remaja.


Selama ini Diaz sudah banyak memiliki prestasi dalam hal serupa, yakni 10 Besar Duta HIV DIY tahun 2014, Juara 1 Putra Duta GenRe Kab Sleman 2015, Juara II Putra Duta PIK Remaja DIY 2015, Juara I Putra Duta GenRe Jalur Masyarakat DIY 2017, dan yang terakhir Juara Harapan I Putra Duta GenRe Jalur Masyarakat Indonesia 2017. Mercu Buana...Lebih Baik