Prof Dwiyati, Berikan Bimbingan Teknis Pengolahan Pasca Panen di Dinas Pertanian Kulon Progo

Prof Dr Dwiyati Puji Mulayani, MP guru besar  Ilmu Pangan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) baru-baru ini kembali menjadi  narasumber dalam  Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan mutu hasil tanaman pangan yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kulon Progo.  Acara yang diselenggarakan selama dua hari (18 -19 Juli 2017), dibuka langsung oleh Kepala Dias, Ir. Bambang Tri Budi Harsono, MM, dengan pemateri selain akademisi pakar ilmu pangan juga dari Bpom DIY,  PT Sri anugrah Kayangan dan pelaku usaha.


Materi bimtek  meliputi cara pengolahan pangan yg benar, standar mutu gabah dan beras, teknologi penangananpasca panen dalam rangka menekan kehilangan hasil gabah/beras dilanjutkan pada hari kedua dengan materi SOP pengoperasian penggilingan beras, tek penyimpanan dan pengemasan gabah dan beras, prospek pemasaran beras premium. Prof Dwiyati dalam materinya memaparkan tentang Teknologi penanganan pasca panen dalam rangka menekan kehilangan hasil gabah/beras.


“Penanganan pasca panen oleh petani biasanya disepelekan, padahal itu sangat penting untuk menjaga kualitas dan efisiensi sehingga akan diperoleh nilai jual yang lebih baik” tutur Prof Dwiyati yang juga pakar kunir putih ini dihadapan 100 peserta.  Untuk itulah perlu sekali penanganan pasca panen menjadi perhatian dari petani.