Cepat Hafal dengan Otak Kanan bersama Cendekiawan Mercu Buana

Penelitian telah menunjukkan bahwa otak kanan dominan untuk berfikir kreatif dan intuitif sedangkan otak kiri lebih berkontribusi terhadap pemikiran logis atau penalaran. Menyeimbangkan keduanya sangatlah diperlukan agar otak tidak bekerja secara dominan pada salah satu otak.


Guna mengoptimalkan fungsi otak kanan dimana otak kiri yang sudah sering bekerja dalam keseharian, Paguyuban Cendekiawan Mercu Buana (PCMB) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) menyelenggarakan “The Power Of The Right Brain, Training Menghafal Cepat Dengan Otak Kanan”, Sabtu (15/04/17).


Hadir sebagai pemateri yakni Imam Suro B.S., S.Kom, lisensi trainer Omar Smart Memory dan Zona Asha Tigara, mahasiswa berprestasi UMBY.


Imam Suro mengungkapkan pentingnya mengoptimalkan peran otak kanan dalam belajar.


“Otak kanan yang berperan dalam menghasilkan kreatifitas dan imaginasi juga dapat digunakan untuk menghafal. Jika ada materi perkuliahan yang harus dihafalkan, maka proyeksikan menjadi gambaran-gambaran yang mudah diingat sehingga lebih membekas di memori, dan inilah salah satu contoh penggunaan otak kanan untuk belajar,” ujar Imam.


Sedangkan Zona Asha Tigara mengulas topik revolusi belajar lebih khusus tentang empat pilar belajar. Menurut Zona, seorang mahasiswa yang utuh harus mau belajar untuk mengetahui, belajar untuk mempraktikkan, belajar untuk menjadi pribadi yang pakar dan berkualitas serta belajar untuk hidup bersama orang lain.


Sebanyak 150 peserta yang berasal dari UMBY maupun umum mengikuti acara yang berlangsung di Ruang Seminar UMBY. Mercu Buana...Lebih Baik