UMBY siapkan Mahasiwanya Bersaing di Era MEA

Mahasiswa Psikologi  Universitas Mercu Buana Yogyakarta (BEM)  mengadakan seminar pada sabtu (1/4) di Ruang Seminar  Kampus  1 UMBY, Jl. Wates 10 Yogyakarta. Dengan mengambil   tema "Merancang karir dalam menghadapi dunia kerja di era MEA"  sukses  seminar ini digelar.  Hadir dalam seminar ini Dekan Fakultas Psikologi, Dr Kasih Astuti  dan di buka langsung oleh kepala bagian Kemahasiswaan UMBY,  Nugraheni, M.Sc yang juga dihadiri oleh dosen dan mahasiswa.   


Ketua Panitia Budi Muliana Kurniawan mengatakan bahwa peserta dalam seminar ini dihadiri lebih dari 200 mahasiswa dari fakultas psikologi juga fakultas lainnya di UMBY. “Seminar ini bertujuan untuk menyiapkan diri mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja ketika selesai menempuh kuliahnya, karena di masa kini persaingan tidak hanya dengan orang pribumi saja namun juga dari mancanegara”, tutur Budi yang juga ketua BEM Fakultas Psikologi.


Seminar ini juga merupakan ajang sharing bagi alumni  Fakultas Psikolgi dengan adik kelasnya yang masih menjadi mahasiswa, dengan menghadirkan pembicara para alumni  fakultas psikologi UMBY (ex wangsa manggala) yaitu Haris Herdiansyah, M.Si, Rudi Sandex, S.Psi, dan Dina Wahida, M.Si yang sudah bekerja di institusi termuka, sehingga pengalaman dalam usaha-usaha merancang karier dan kerjanya dapat ditularkan.


Seminar berjalan dengan lancar dan para peserta tampak antusias dalam memperoleh informasi dari pemateri, dan sangat hidup dikarenakan terjadi komunikasi  aktif  dua arah antara pemateri dan peserta, gelak tawa  dan riuh sepanjang acara mungkin karena narasumbernya adalah kakak kelasnya.  Pemateri menyampiakan bahwa sangat diperlukan dalam memasuki dunia kerja akan  “soft dan hard skill”, dengan  kata lain adalah soft skill ibaratkan mata uang dunia. Dengan soft skill yang maksimal maka dunia kerja yang akan mencari kita bukan kita yang mencari kerja,


Selesai seminar dilanjutkan dengan “tilik kampus” atau temu alumni fakultas Psikologi untuk   memperkuat jaringan alumni psikologi UMBY, sehingga ada keterikatan sesama alumni dan adik kelasnya untuk saling membantu dalam memasuki dunia kerja. Temu kangen  alumni ini  yang dihadiri sekitar 50-an alumni,  membentuk kepengurusan alumni Fakultas Psikologi UMBY.