Cerdas dan Berbudi Luhur dengan Game Buatan Mahasiswa UMBY

Sejauh ini Matematika dipandang sebagai mata pelajaran yang menakutkan bagi kebanyakan siswa. Terlebih lagi, kebanyakan guru yang mengajar hanya menitikberatkan pada pengembangan kemampuan berhitung siswa. Sudah semestinya guru juga harus mendidik untuk membentuk karakter siswa. Sejatinya, peran guru bukan hanya pengajar namun juga sebagai pendidik.


Bermula dari situ, mahasiswa dari program studi Pendidikan Matematika Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengembangkan ide kreatif. Mahasiswa ini memadukan antara pelajaran Matematika dan pendidikan karakter. Sehingga lebih menarik dan tidak membosankan tetapi memiliki nilai edukasi. Dikemas dalam sebuah game Matematika yang bertema kepemimpinan sebagai media pembelajaran dan pendidikan karakter bagi siswa.


Game yang menyasar pada siswa jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini diberi nama Math Jungle. Math Jungle dirancang dengan visualisasi yang menarik dan mengedepankan alur cerita. Meskipun game ini bergenre adventure, tetapi Math Jungle dilengkapi dengan alur cerita yang berbeda-beda di setiap level. Untuk melewati setiap level yang ada, siswa akan dihadapkan dengan berbagai persoalan Matematika dan beberapa pilihan yang akan menguji karakter siswa. Pada game ini siswa akan belajar menjadi seorang pemimpin yang berbudi pekerti luhur. Math Jungle dibuat berdasarkan kurikulum Matematika SMP dan disesuaikan dengan psikologi perkembangan peserta didik.


Math Jungle menggunakan Adobe Flash CS4 karena kelengkapan feature dan template. Program ini memiliki kemampuan dalam pengolahan animasi gerak dan suara. Animasi gambar bersifat konsisten dan fleksibel karena menggunakan teknologi Vector Graphic, jelas Zona Asha Tigara ketika ditemui di Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Senin (13/03/17).


Math Jungle sebagai media pembelajaran dan pendidikan karakter lolos didanai Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti melalui Program Kreatifitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM KC) tahun 2017, tambah Zona.


Selain Zona, PKM KC tersebut juga dibantu oleh Marwa Magi, Hadija, dan Puput Yuliastuti. Dalam waktu dekat, mereka berencana untuk menyebarluaskan game tersebut. Sebanyak 100 keping CD Math Jungle nantinya akan disebar ke beberapa SMP wilayah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mercu Buana...Lebih Baik